AdvedtorialPemkab SinjaiSinjai

Sinjai Barat dan Sinjai Selatan di Canangkan Menjadi Kampung Siaga Bencana

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar rapat koordinasi terkait Pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB), Senin (02/07/2024) di Command Center Sinjai.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah. Hadir Forkopimda, Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa dan para Kepala OPD Lingkuo Pemkab Sinjai.

Dalam rapat disampaikan bahwa pencanangan KSB ini akan dilaksanakan di Alun-Alun Lapangan Sinjai Bersatu pada Sabtu (06/07/2024) mendatang.

KSB merupakan pelatihan mitigasi bencana berbasis masyarakat yang dilakukan untuk mengurangi risiko dan ancaman bencana di daerah rawan bencana.

Kepala Dinas Sosial Sinjai Drs. A. Muh. Idnan menjelaskan pembentukan KSB tersebut akan dilakukan di dua Kecamatan, Yakni Sinjai Borong dan Sinjai Selatan.

“KSB ini kampung siaga bencana semacam pelatihan berbasis masyarakat. Kita melatih orang-orang yang nantinya akan menjadi inisiator jika terjadi bencana” Jelasnya.

Jika tak ada aral yang melintang, Pencanangan akan dilakukan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial yang sekaligus Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, namun sebelum itu akan digelar apel siaga yang dipimpin Pj Bupati Sinjai.

Untuk memastikan pencanangan nanti berjalan lancar tanpa kendala, Pihak Dinsos diketahui telah melakukan sejumlah persiapan, termasuk kesiapan peserta yang akan mengikuti pelatihan mitigasi bencana.

Sekira 120 peserta dari dua kecamatan akan dilibatkan dalam pelatihan tersebut. Mereka itulah yang nantinya akan menjadi perpanjangan tangan Pemerintah Daerah jika terjadi bencana di Desa-Desa.

“Peserta KSB akan memperoleh pelatihan dari pihak Kemensos dan Tim Tagana Pusat mulai 4 Juli 2024. Nanti minimal disetiap Desa ada peta jaringan kebencanaan dan ada titik kumpul apabila terjadi bencana”ungkapnya

Sebelumnya Di Kabupaten Sinjai diketahui sudah terbentuk dua KSB yakni di Kecamatan Sinjai Barat dan Sinjai Tengah. (ACCA/ADV/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button