Headline

Sosialisasi Rencana Usaha Pertambangan Batuan (Galian C) Di Desa Biluango, PT. Sarana SDA Panna Utama Siap Berdayakan Tenaga Kerja Lokal

 

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Berencana untuk membuka usaha pertambangan batuan (galian c) di Desa Biluango Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, PT. Sarana SDA Panna Utama menggelar Sosialisasi Rencana Usaha Pertambangan Batuan (Galian C) di Desa Biluango, Kamis (04/08/2022).

Kegiatan yang ini dihadiri oleh Kepala Desa dan masyarakat Desa Biluango ini dibuka langsung oleh Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma. Selain dihadiri Sekda Bone Bolango kegiatan sosialisasi ini dihadiri juga oleh Camat Kabila Bone Dahlan Tomelo, Kapolsek Kabila Bone IPDA. Ferron Baiku, Danramil Bonepantai Serma TNI. Noldi Tomaili serta Danpos Kabila Bone Serka TNI. Darmo Abas.

Camat Kabila Bone Dahlan Tomelo dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung rencana PT. Sarana SDA Panna Utama untuk berinvestasi di Kecamatan Kabila Bone.

“Pada prinsipnya kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh rencana ini. Dan kami akan siap membantu jika di butuhkan,”ucap Dahlan Tomelo.

Sementara Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma dalam sambutannya mengharapkan kepada masyarakat agar mendukung setiap kegiatan yang dapat mendatangkan dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat.

“Mari kita dukung setiap kegiatan seperti ini agar kita kemudahan dan keberlimpahan rezeki akan selalu Allah turunkan untuk kita,”tutur Ishak Ntoma.

Disisi lain Kepala Desa Biluango Yakub Djamala meminta kepada pihak PT. Sarana SDA Panna Utama agar pihak perusahaan dapat menjaga dan mengendalikan dampak terhadap lingkungan yang akan terjadi di akibatkan oleh kegiatan penambangan batuan (galian c) ini.

“Kami meminta kiranya pihak perusahaan dapat memperhatikan dampak yang di timbulkan tidak hanya di hulu tapi juga sampai hilir. Agar tidak terjadi kerusakan terhadap lingkungan misalnya banjir dan sebagainya,”pinta Yakub Djamala.

Menanggapi permintaan Kepala Desa Biluango tersebut, Direktur PT. Sarana SDA Panna Utama Latif Firmansyah Karnain saat diwawancarai awak media ini mengatakan bahwa pihaknya akan senantiasa memperhatikan dan akan memenuhi kewajiban perusahaan terkait dengan menjaga dan mengendalikan serta memperbaiki dampak dari kegiatan pertambangan ini terhadap lingkungan dan masyarakat.

“Kami tentunya akan senantiasa memperhatikan hal itu. Terkait dengan dampak lingkungan,”ucap Latif singkat.

Latif Firmansyah juga menambahkan bahwa pihaknya akan senantiasa memberdayakan warga lokal dalam operasional kegiatan pertambangan ini.

“Saya lihat disini banyak masyarakat yang jadi nelayan. Semoga dengan adanya usaha pertambangan ini bisa membuka peluang lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,”ujarnya sambil tersenyum.

Senada dengan Direkturnya, Komisaris PT. Sarana SDA Panna Utama Syarifudin Panna, mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya meminimalisir dampak terhadap lingkungan dengan membuatkan tanggul.

“Untuk mencegah terjadinya erosi maka kami akan buatkan tanggul sehingga bisa berdampak baik pada saluran air itu sendiri,”terang Syarifudin.

Syarifudin juga menegaskan bahwa dalam usaha pertambangan ini pihaknya akan memprioritaskan tenaga kerja lokal.

“Kami akan merekrut tenaga kerja lokal sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mereka. Nanti kami akan lihat kompetensi apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dan apa kompetensi yang dimiliki oleh masyarakat. Kita akan sinkronkan,”papar Syarifudin.

Masih kata Syarifudin bahwa pihaknya ingin ada simbiosis mutualisme dengan masyarakat lokal.

“Pada prinsipnya kami ingin berdampingan dengan masyarakat. Ada kerjasama yang saling menguntungkan antara pihak perusahaan dan masyarakat,”tandasnya.

Apa yang disampaikan oleh Syarifudin ini mendapatkan tanggapan positif dari Owan Suma salah seorang masyarakat dan juga mantan Kepala Desa Biluango. Dia mengaku sangat bersyukur dengan adanya rencana PT. Sarana SDA Panna Utama untuk membuka usaha pertambangan batuan (galian c) di Desa Biluango.

“Kami sangat bersyukur dan harapan kami masyarakat ikut mendukung kegiatan ini sehingga dapat berkesinambungan,”ujar Owan Suma.

Usai kegiatan sosialisasi, Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma didampingi oleh Kepala Seksi Perencanaan dan Pemanfaatan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bone Bolango Andi A. Salahudin serta Kepala Desa Biluango dan pihak PT. Sarana SDA Panna Utama melakukan peninjauan langsung lokasi usaha pertambangan batuan (galian c) tersebut. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button