ACEHPendidikan

Suara Demokrasi, SMA Negeri 3 Karang Baru Kunjungi KIP Aceh Tamiang

BERITANASIONAL.ID, ACEH TAMIANG — Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang menerima kunjungan siswa-siswi yang didampingi oleh Kepala Sekolah dan Guru dari SMA Negeri 3 Karang Baru, Kamis (27/10/2022).

Kunjungan yang berjumlah 50 siswa-siswi dan empat guru tersebut dalam rangka melaksanakan program Project Profil Pelajar Pancasila dengan tema ‘Suara Demokrasi’.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang menerima kunjungan siswa-siswi yang didampingi oleh Kepala Sekolah dan Guru dari SMA Negeri 3 Karang Baru, Kamis (27/10/2022). (ERWAN|BERITANASIONAL.ID)

Kunjungan tersebut dikemas dalam kegiatan Silaturahmi dan diskusi serta tanya jawab tentang tata cara pelaksanaan pemilu di Aceh Tamiang yang mana siswa siswi ingin belajar dan mengetahui hal hal terkait kepemiluan dan pemahaman demokrasi.

Kedatangan siswa-siswi yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, Supriadi, S.Pd ini disambut hangat oleh anggota Ketua KIP Aceh Tamiang Ishak Ibrahim berserta empat komisioner lainnya seperti M. Khualid, Adi Sartika, Rusli dan M. Alhamdha serta didampingi Sekretaris KIP Aceh Tamiang Ahmad Yuhardha beserta jajaran Sekretariat.

Kemudian kegiatan digelar di Aula KIP dan dibuka oleh Ketua KIP Aceh Tamiang Ishak Ibrahim.

Dalam sambutannya Ishak berharap agar nantinya kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan tentang kepemiluan kepada siswa-siswi (Pra Pemilih ) yang hadir.

Sementara itu Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM M. Khualid dalam pemaparannya menyampaikan dalam hal pemilu ada beberapa hal yang harus dipahami antara lain tentang makna demokrasi, asas pemilu, pentingnya pemilu, manfaat pemilu, pihak-pihak penyelenggara pemilu, tahapan pemilu, proses pemungutan suara, pelaksanaan penghitungan suara.

Kemudian akhir rangkaian materi kunjungan, KIP Aceh Tamiang mengajak siswa-siswi serta guru pendamping untuk melihat lihat gambaran proses pada saat Pemilu berlangsung serta membawa rombongan untuk melihat lihat ruangan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang mana terdapat Informasi kepemiluan untuk lebih mengenal jenjang penyelenggara pemilu mulai dari KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota serta display hasil pemilu serta maket pemungutan dan penghitungan suara.

Kegiatan ditutup dengan pemberian Piagam Pengharga kepada Kepala Sekolah dan guru pendamping serta siswa-siswi yang ikut dalam kegiatan tersebut.()

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button