Kalimantan

Sungai Masabang Meluap, Ratusan Rumah di Sangatta Selatan Terendam Banjir

BeritaNasional.ID, SANGATTA, KUTIM, KALTIM-Debit sungai masabang tinggi menyebabkan ratusan rumah di beberapa desa di Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai timur, Kaltim terendam banjir, Sabtu ( 19/3/2022).

Pantauan awak media BeritaNasional.ID di lokasi, beberapa desa di Kecamatan Sangatta Selatan yang terendam air diantaranya, Desa Sangatta Selatan, Desa Persiapan Pinang raya, Kelurahan Singa Gewe, Desa Sangkima, Desa Teluk Singgama.

Menurut Camat Sangatta Selatan, Ita Nurhasanah mengatakan kepada beberapa awak media di lokasi bahwa, luapan air sungai masabang menyebabkan beberapa desa terendam banjir.

“Saat ini khususnya di wilayah Sangatta Selatan, hampir seluruh desa di wilayah kami terendam banjir. Untuk titik yang parah ada 3 desa yaitu, Desa Pinang Raya, Desa Sangatta Selatan dan Kelurahan Singa Gewe,” ucapnya.

Sementara itu, sambung Camat Ita Nurhasanah, di Desa Sangatta Selatan rumah warga yang terendam banjir cukup parah yaitu di RT 3, RT 06, RT 02 dan RT 04, sedangkan di RT 05 Gunung Teknik, debit air mencapai se dada orang dewasa, Untuk di Dusun pinang, debit air yang masuk sangat tinggi sehingga warga tidak bisa melakukan aktifitas bahkan warga disana pun memerlukan bantuan seperti makanan siap saji.

“Untuk tanggap darurat khusus di Kecamatan Sangatta Selatan bekerjasama dengan PKK dari Desa Sangatta Selatan membuka dapur umum yang ditempatkan di Desa Sangatta Selatan,” sambungnya.

Bukan hanya itu saja yang dikatakan Camat Sangatta Selatan, Ita Nurhasanah pun menjelaskan kepada beberapa awak media bahwa Bupati Kutai Timur juga siap membuka dapur umum di Kecamatan Sangatta Selatan.

“Untuk evakuasi warga, kami sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD dan dibantu dengan Tim Basarnas serta dari rekan – rekan relawan lainnya menerjunkan dua perahu karet untuk mengevakuasi warga di pinang raya. Kebetulan tadi saya sendiri turun langsung mengevaluasi warga di kampung tangguh karena akses jalan sudah tidak bisa dilalui dan ada warga yang sakit sehingga kita harus mengevaluasi warga yang sakit tersebut. Untuk posko pengungsian sementara kita arahkan ke gedung BPU Desa Sangatta Selatan,” pungkasnya.

Pewarta : Oyek/Son

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button