HeadlineSulawesi

Surat Usulan Camat Mawasangka Pilih Kadir Teme Menjadi Kepala Pasar

 

BeritaNasional.ID, BUTON TENGAH – Akibat tidak terima dengan perlakuan kepala pasar, sejumlah pedagang di Kecamatan Mawasangka, Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tergabung dalam Forum Komunikasi Peduli Pedagang Pasar Mawasangka (FKP3M) beberapa waktu lalu berkunjung ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Agenda kunjungan tersebut salah satunya meminta kepada pemerintah daerah melalui kepala dinas Perdagangan Buton Tengah (Buteng) untuk mengganti kepala pasar yang yang dinilai kurang baik dalam kinerjanya.

Dari rapat bersama dewan dan sejumlah perangkat daerah, disepakati nantinya akan ada kepala pasar yang baru.

Pergantian kepala pasar tersebut, nantinya akan diusul langsung oleh Camat Mawasangka.

Setelah beberapa waktu lamanya sejak pertemuan di kantor DPRD Buteng, Camat Mawasangka, Sahiruddin, akhirnya mengusulkan nama kepala pasar yang ada wilayahnya.

Tiga pasar yang ada di Mawasangka yakni, pasar Mawasangka, pasar Waburense (Terapung) dan Pasar Lamaraja (Wakambangura).

Untuk pasar Mawasangka, Camat mengusulkan atas nama Kadir Teme. Kemudian untuk pasar Waburense diusulkan nama La Kaloli dan pasar Lamaraja diusulkan atas nama La Sahaba.

Surat usulan tersebut sebagaimana tindak-lanjut dari surat kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perindag) Buton Tengah No 510/145/XI/2021 25 November tentang usul kepala pasar di Kecamatan Mawasangka.

Menanggapi usulan tersebut, Sarman, Sekretaris FKP3M mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut.

“Sejauh pengusulan itu hanya untuk pasar yang pembangunannya menggunakan uang daerah (APBD), tapi kalau untuk pasar swadaya tidak termaksud,” kata Sarman saat dihubungi melalui sambungan telponnya, Senin (20/12/2021).

Sebab, lanjut Sarman, pasar swadaya/tradisisonal yang berdekatan dengan pasar Mawasangka akan menjadi urusan dari FPK3M.

“Untuk pasar swadaya sudah menjadi urusan Forum sesuai kesepakatan bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Kadis Perindag Buton Tengah (Buteng) Usman Mbolosi, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya WhatsApp mengaku belum menerima surat usulan Camat Mawasangka terkait kepala pasar.

“Nanti saya tanya pak Sekdin, apakah sudah tiba di kantor kami surat tersebut,” tulis Kadis Perindag Usman Mbolosi (Adm).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button