AdvedtorialGorontalo

Survey Penyusunan Dokumen Rencana Pengelolaan dan Zonasi Kawasan Konservasi Perairan Berlanjut di Pulau Tolinggula

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Setelah wilayah perairan Atol Sumalata, Tim DKP Provinsi Gorontalo kembali melanjutkan pelaksanaan Survey Penyusunan Dokumen Rencana Pengelolaan dan Zonasi Kawasan Konservasi Perairan di Pulau Tolinggula Desa Tolinggula Pantai, Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara, Jumat (31/5/2024).

Lokasi konservasi perairan pulau Tolinggula ini secara administratif berbatasan langsung dengan wilayah Palele Provinsi Sulawesi Tengah.

Secara umum karakteristik pulau Tolinggula merupakan pulau yang memiliki ekosistem terumbu karang dengan berbagai ikan karang dan potensi wisata bahari.

Wilayah Konservasi Perairan Pulau Tolinggula sebelumnya sudah diusulkan oleh Pemerintah Desa melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo Utara dalam Dokumen RZWP3K Provinsi Gorontalo.

Dari hasil koordinasi bersama Kepala Desa Tolinggula Pantai bahwa lokasi konservasi perairan Teluk Gorontalo banyak dimanfaatkan oleh nelayan dan masyarakat untuk aktivitas perikanan tangkap dan wisata bahari.

Dukungan juga disampaikan oleh Personil POLAIR Pos Tolinggula terhadap rencana penetapan kawasan konservasi perairan, karena wilayah Pulau Tolinggula yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tengah. Sehingga diharapkan dengan adanya Kawasan Konservasi Perairan ini lebih mempertegas dan memperkuat terhadap aturan dan regulasi yang mengatur aktivitas yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan di Kawasan Konservasi Perairan Teluk Gorontalo baik oleh nelayan wilayah Gorontalo Utara maupun dari Sulawesi Tengah.

Diharapkan kedepannya dengan adanya penetapan Wilayah Konservasi Perairan Pulau Tolinggula ini dapat memberikan manfaat secara ekologis dan ekonomi bagi masyarakat, pelaku usaha serta pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian sumber daya perairan dan kelautan dengan kebijakan pengelolaan secara bijak dan berkelanjutan.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button