Menuju Pemilu 2024Polewali MandarSulawesi BaratSulbar

Tak Hanya Politik, H Zainal Abidin Miliki Yayasan

BeritaNasional.ID.POLMAN SULBAR —   Mengenal lebih dekat sosok H, Zainal Abidin, salah satu tokoh agama dan juga tokoh masyarakat serta tokoh pendidikan, warga Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi barat.

H, Zainal Abidin tak hanya dikenal seorang tokoh agama yang memimpin yayasan Wakaf As’.adiyah Wonomulyo dengan jumlah santrinya mencapai kurang lebih 1000 anak didik ini, namun juga penggiat sosial bidang keagamaan.

Diketahui selama ini, meskipun tidak lagi menjabat sebagai Anggota DPRD, H. Zainal Abidin yang disapa Ustadz Zainal elah membantu membangun puluhan mesjid yang tersebar di Sulawesi Barat.

Menantu dari seorang Ulama Sulawesi KH. Abdullah Marathan, juga memiliki segudang pengalaman di dunia politik, pada tahun 2004-2005 sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, hingga di tahun 2005-2009 H Zainal Abidin menjadi wakil ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat dan pada tahun 2009-2014 kembali terpilih di DPRD Provinsi Sulawesi Barat .

Tak sampai disitu saja, H. Zainal Abidin juga pernah bertarung di pemilihan kepala daerah (pilkada) Polman tahun 2008 lalu sebagai Calon Bupati, berpasangan dengan Abdul Wahab Hasan Sulur, namun sayang saat itu dia belum mendapat mandat rakyat sebagai orang nomor 1 di Polewali Mandar.

Berfokus di dunia pendidikan, disaat dia menjadi ketua Yayasan Wakaf As’adiyah Wonomulyo, ia berhasil mereformasi lembaga pendidikan As’adiyah menjadi lembaga pendidikan yang diminati warga Wonomulyo. ia juga membangun pondok pesantren penghafal Qur’an di Kecamatan Wonomulyo.

Saat ini, ada 5 lembaga pendidikan formal dibawah naungan Yayasan Wakaf As’adiyah Wonomulyo diantaranya MI As’adiyah Banua Baru, Mts. As’adiyah Banua Baru, SMPIT As’adiyah Ugi Baru, Pesantren Tahfidzul Qur’an As”adiyah Wonomulyo, SD IT As’adiyah Polewali.

Selain itu, juga telah mendirikan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Baitul Maal As’adiyah yang tersebar di seluruh Kabupaten Sulawesi Barat.

Segudang pengalaman ini hingga membuat H. Zainal Abidin tak patah arang untuk terus berkeinginan membangun daerahnya.

Dengan tekad yang kuat kini H. Zainal Abidin akan kembali melirik Pemilihan Kepala daerah [Pemilu kada] 2024-2029 dengan berniat maju sebagai Bakal calon wakil bupati.

Pribadi Zainal Abidin dikenal sebagai sosok tokoh masyarakat dan juga ulama di Kecamatan Wonomulyo yang dekat dengan berbagai kalangan masyarakat termasuk masryakat kalangan kecil pada umumnya.(Zr/yn)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button