Metro

Tidak Terpakai, Beberapa Aset Di PPI Inengo dan TPI Tongo Mulai Rusak, Eros : Kadin Bone Bolango Siap Manfaatkan

 

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Terbengkalainya beberapa aset milik pemerintah yang ada di PPI Inengo dan TPI Tongo. Disikapi oleh Ketua Komite Pemuda Bone Pesisir (KPBP) Rosihan Kaluku.

Kepada awak media ini pria yang akrab disapa Eros ini mengungkapkan bahwa sesuai dengan informasi dari hasil penelusuran awak media BeritaNasional.ID di lapangan terdapat beberapa aset milik pemerintah di PPI Inengo yang ada di Kecamatan Kabila Bone dan TPI Tongo yang ada di Kecamatan Bonepantai terbengkalai dan tidak digunakan.

“Ada informasi kepada kami bahwa banyak aset yang terbengkalai tidak digunakan bahkan rusak. Ada bangunan kantor, pasar ikan dan cold storage serta mobil box yang ada di PPI Inengo. Demikian pula bangunan TPI Tongo. Selain bangunan TPI yang rusak ada juga empang pembenihan. Semuanya tidak terpakai bahkan beberapa bagiannya telah rusak, ungkap Eros.

Menurut Eros, pihaknya sangat prihatin dengan kondisi ini dan berharap ada perhatian pemerintah untuk menyikapi persoalan ini.

“Seharusnya pemerintah peduli dan jangan tutup mata terhadap persoalan ini. Ini dibangun pakai uang negara, uang rakyat. Kasihan jika tidak dimanfaatkan. Kan yang rugi rakyat, ujarnya dengan nada kecewa.

Eros yang saat ini menjadi Caretaker Ketua Kadin Kabupaten Bone Bolango menyatakan bahwa jika Pemerintah tidak mau menggunakan bangunan-bangunan tersebut maka KPBP akan bekerja sama dengan Kadin Provinsi Gorontalo di bawah komando Ketua Umum Vera Verial siap memanfaatkannya.

“Kami siap memanfaatkannya untuk digunakan dalam menjalankan program dan usaha perikanan atau UMKM di bawah binaan Kadin Provinsi Gorontalo dan Kadin Bone Bolango dengan pola kemitraan bersama pemerintah serta pemilik kapal ikan (pamo) dan pengusaha perikanan yang ada di Bone Bolango, “tandasnya.

Sebelumnya Sugondo Makmur pasca di lantik menjadi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada tanggal 11 Mei 2022 yang lalu mengatakan bahwa pihaknya akan memaksimalkan pengelolaan aset perikanan milik pemerintah yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

“Saya berkomitmen untuk bisa lebih meningkatkan PAD Perikanan dengan memaksimalkan potensi yg ada serta menggali potensi baru dengan mengedepankan kajian lingkungan dan kemampuan masyarakat nelayan, ucap Sugondo”.
“Untuk agenda kedepannya adalah pertama saya akan merealisasikan harapan Pemerintahan HP-MU untuk meningkatkan produksi perikanan baik budidaya maupun perikanan tangkap sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat. Kemudian yang kedua adalah maksimalisasi pengelolaan aset pemerintah yang menunjang kebutuhan nelayan dengan memastikan aset tersebut siap digunakan, “jelasnya. (NOKA)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button