AsahanDaerah

Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan Gelar Rakornis Tahun 2021

BeritaNasional.ID, Kisaran, Sumatera Utara – Hj. Titiek Sugiarti Surya berharap Tim Penggerak PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan dapat menjalankan program kerja PKK dengan rasa tulus dan ikhlas.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya dalam sambutannya ketika membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) PKK Tahun 2021 yang diselenggarakan di pendopo rumah dinas Bupati Asahan, Selasa (26/10/2021).

Kemudian istri Bupati Asahan tersebut meminta kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa dapat membantu Tim Penggerak PKK di wilayahnya masing – masing dalam menjalankan program kerjanya.

Kami sebagai mitra siap membantu Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mensukseskan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter, pungkas Ketua TP PKK Kabupaten Asahan itu.

Sebelumnya Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan M. Azmy Ismail AP, MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan Rakornis ini antara lain untuk meningkatkan kerjasama kepengurusan PKK baik di tingkat Kabupaten Asahan maupun di tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan dengan OPD terkait.

Serta membangun persamaan persepsi dan keterpaduan dalam pengelolaan gerakan PKK dan merumuskan program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan dalam upaya memecahkan masalah terhadap aspek kelembagaan, program dan administrasi PKK.

Sementara Bupati diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution MSi dalam sambutannya berharap program dan kegiatan PKK dapat diselaraskan dengan visi dan misi pembangunan Kabupaten Asahan sehingga dapat saling mendukung, bersinergi dan berkesinambungan mulai dari Desa dan Kelurahan, Kecamatan sampai ke Kabupaten.

Disisi lain Tim Penggerak PKK dan kadernya diharapkan mengerti dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas mulai dari aspek moral, pendidikan kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup sehingga gerakan PKK dapat melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional.

Meskipun di masa pandemi Covid – 19 ini gerak kita menjadi terbatas untuk melakukan pembinaan, namun saya berharap Tim Penggerak PKK tetap aktif melakukan pembinaan dengan memanfaatkan sarana teknologi yang ada. Sehingga bagaimana pun kondisinya kita tetap dapat berperan aktif melakukan pembinaan terhadap pemberdayaan keluarga dari lingkup Desa dan Kelurahan, ujar John Hardi.

Selanjutnya Sekda didampingi Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan serta Ketua Dharma Wanita Kabupaten Asahan menyerahkan piagam penghargaan lomba Swadaya Gotong Royong Masyarakat tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021 kepada Desa Gunung Berkat Kecamatan Bandar Pulau, Desa Tanjung Alam Kecamatan Sei Dadap dan Desa Sei Silau Tua Kecamatan Setia Janji. Serta piagam penghargaan lomba Posyandu tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021 kepada Desa Rahuning Kecamatan Rahuning, Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji dan Desa Perkebunan Bandar Selamat Kecamatan Aek Songsongan.

Setelah itu kegiatan Rakornis diisi dengan berbagai materi yang disampaikan oleh beberapa nara sumber diantaranya dari Sekretaris Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Asahan Ir. Hafni mengenai optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan pangan lestari (P2L), Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal Musa Al Bakri SE, MSi mengenai pendidikan holistik integratif bagi anak usia dini dan Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Ir. Poniran dengan materi pengelolaan koran bekas.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button