BondowosoDaerahJawa Timur

TNI 0822 Bondowoso Rakor ODF Dan Hadiri Perpisahan MMD UB Malang

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Babinsa Koramil 0822/13 Tlogosari Sertu Bambang Irawan menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) tentang ODF di Balai Desa/Kecamatan Tlogosari, Kecamatan Tlogosari.

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Rakor ODF yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Puskesmas Tlogosari) berkerjasama dengan perangkat desa dan Babinsa/ Babhinkamtibmas Tlogosari merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat tentang kesehatan.

Dalam acara tersebut Babinsa Bambang Irawan dengan Babhinkamtibmas selalu bersinergi dengan aparat terkait guna membantu dan mengatasi segala kesulitan masyarakat.

“Salah satunya memberi penjelasan serta pemahaman kepada warga akan pentingnya kebersihan lingkungan untuk kesehatan,” ungkapnya.

Dengan program sosialisasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) tentang ODF di Desa Tlogosari Bambang Irawan menghimbau dan memberi pengertian kepada warga masyarakat agar menjaga pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan serta menjauhi kebiasaan BAB sembarangan di sungai. Sehingga dapat menciptakan kesehatan warga dan bersih lingkungan.

Ditempat yang sama, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla dan jajaran menyaksikan pelepasan Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Kehadiran Dandim ini menunjukkan dukungan yang kuat dari TNI terhadap upaya pembangunan desa di Indonesia, khususnya di Bondowoso, Sabtu (5/8/2023).

Mahasiswa Membangun Desa (MMD) dari Universitas Brawijaya (UB) Malang secara resmi berpamitan setelah selesai menjalankan tugas akhir KKN.

Danramil 0822/05 Wringin Lettu Cpl Agung mengungkapkan kegembiraannya atas kolaborasi yang terjalin antara Universitas Brawijaya dengan pihak-pihak terkait, yaitu antara Pemerintah, TNI, dan masyarakat. Menurutnya, Sinergi yang baik semua pihak tersebut akan berkontribusi positif terhadap kemajuan desa-desa di Indonesia.

Babinsa jajaran Kodim 0822 Bondowoso aktif mendampingi dalam Program Mahasiswa Membangun Desa (MMD) yang tersebar 23 Kecamatan (1 Kecamatan 2 Desa) yang di programkan oleh UB Malang. Hal ini mendapat respon positif dari Kodam V/Brawijaya dan akan terus mendukung setiap kegiatan untuk kemajuan masyarakat desa.

Ketua Sentra Koordinasi Antar Kades (SKAK), Mathari, SIP menyampaikan, kehadiran mahasiswa mahasiswi UB Malang sangat dibutuhkan Pemerintah Desa Wringin, terutama di bidang pertanian, pembangunan dan kegiatan pemuda. “Kami sangat senang, adik adik sekalian ber KKN di desa kami. Banyak ilmu yang kami dapatkan khususnya di bidang pembangunan dan kegiatan-kegiatan lainnya dari adik adik,” ungkap Mathari.

Sertu Riyanto, Babinsa Desa Wringin juga menyampaikan bahwa perpisahan Mahasiswa UB yang KKN ini merupakan awal dari silaturahmi yang berkelanjutan untuk yang akan datang. “Sebagai Babinsa Desa Wringin, Saya ucapkan terima terima kasih kepada adik-adik mahasiswa UB yang telah banyak mengimplementasikan ilmunya di Desa Wringin” pungkas Babinsa.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button