Headline

TPK di Bone Bolango Ikut Orientasi TPK Tingkat Kabupaten Bone Bolango

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Dalam rangka percepatan penurunan angka stunting, Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo menggelar Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) Tingkat Kabupaten Bone Bolango yang dirangkaikan dengan pendalaman aplikasi elektronik siap nikah dan hamilĀ (Elsimil) yang berlangsung di Kecamatan Bulango Utara dan Tapa pada Kamis (9/3/2023.

Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Bone Bolango, H. Lukman A. Daud yang membuka dan memberikan arahan pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa Pelatihan ini sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2022 tentang Percepatan Penurunan Stunting yang bertujuan menyediakan Tim Pendamping Keluarga di setiap Desa yang bertugas untuk mendampingi keluarga dalam usaha pencegahan dan penanganan stunting sasaran, di antaranya calon pengantin, ibu hamil dan pasca persalinan serta balita.

Dijelaskan pula bahwa pada kegiatan ini, Tim Pendamping Keluarga juga dilatih pengunaan aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil (elsimil) sebagai sarana pendampingan berbasis aplikasi.

“Aplikasi ini berguna untuk mendeteksi lebih awal terhadap potensi bayi yang akan dilahirkan dengan melihat kodisi calon pasangan pengantin,”jelas Lukman.

Untuk diketahui peserta yang hadir pada kegiatan ini adalah Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari unsur Bidan Desa, PKK Desa dan Kader Penyuluh Keluarga Berencana Desa Se Kecamatan Bulango Utara dan Kecamatan Tapa.

Rencananya kegiatan ini akan berlangsung di 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bone Bolango. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button