Daerah

Transformasi Ilmu Pengetahuan dan Profesi : IFG Progeress Sukses Gelar Kuliah Umum di FEB Unand

BeritaNasional.ID, PADANG SUMBAR — Indonesia Financial Group (IFG) Progress gelar kuliah umum dengan tema “Kuliah Umum Industri Keuangan, Asuransi, dan Dana Pensiun” di Seminar Room Gedung 3, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas pada Selasa, (15/11/2023).

Kegiatan kuliah umum ini menghadirkan empat orang keynote speakers dan satu orang moderator, diantaranya, keynote speaker oleh Senior Research Associate IFG Progress, Ibrahim Kholilul Rohman,  Research Associate IFG Progress, Rizky Rizaldi Ronaldo, Research Associate IFG Progress, Afif Narawangsa Luviyanto dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bapak Fajri Adrianto dan Moderator oleh Dosen Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Silmi.

Endrizal Ridwan selaku wakil dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas dalam kata sambutannya menyebutkan pentingnya mengikuti kuliah umum bagi keterampilan dasar pemahaman karir mahasiswa dan juga keperluan riset bagi mahasiswa maupun dosen.

Transformasi ilmu pengetahuan dalam kegiatan kuliah umum tentang pengenalan IFG Progress, industri keuangan, asuransi dan dana pensiun. Masing-masing topik tersebut dipaparkan oleh masing-masing keynote speaker secara berurut Bapak Ibrahim Kholilul Rohman, Bapak Rizky Rizaldi Ronaldo, Bapak Afif Narawangsa Luviyanto dan Bapak Fajri Adrianto.

The Indonesia Financial Group (IFG) Progress adalah sebuah Think Tank terkemuka yang didirikan oleh Indonesia Financial Group sebagai sumber penghasil pemikiran-pemikiran progresif untuk pemangku kebijakan, akademisi, maupun pelaku industri dalam memajukan industri jasa keuangan. The Indonesia Financial Group (IFG) menyediakan pelayanan asuransi dan dana pensiun.

Asuransi terdiri atas berbagai jenis, diantaranya asuransi jiwa, asuransi umum (asuransi kecelakaan, kendaraan bermotor, harta benda, kredit), asuransi sosial (BPJS Kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan), dan asuransi mandatory (jasa raharja, taspen, asabri). Asuransi menjadi penting karena melindungi dari risiko finansial yang mungkin timbul akibat kejadian tak terduga, seperti penyakit serius, kecelakaan, atau kerugian properti.

Dana pensiun juga menjadi salah satu layanan yang di sediakan oleh IFG Progress, skema dana pensiun dari IFG Progress ada dua, skema wajib (taspen, asabri, BPJS) dan skema voluntary (DPPK dan DPLK). Dana pensiun penting karena memberikan sumber keuangan yang stabil untuk memenuhi kebutuhan hidup setelah pensiun. Dana pensiun dapat membantu menjaga kesejahteraan finansial, menghindari ketergantungan pada orang lain, dan menikmati masa pensiun tanpa kekhawatiran keuangan yang berlebihan. Dana pensiun juga memberikan keamanan finansial dalam fase hidup yang tidak lagi aktif secara pekerjaan.

Disaat kita memproteksi diri dengan asuransi dan dana pensiun, maka diharapkan akan dapat memitigasi resiko-resiko yang akan datang kepada diri kita dikemudian hari. Ada baiknya kita mulai memproteksi diri dari sekarang saat kita masih di usia produktif dalam bekerja. (Rls/Ay/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button