Jawa Timur

Truk Bak Tertutup Tak Lepas dari Pemeriksaan Petugas Penyekatan PMK di Sampang

BeritaNasional.ID.Sampang – Komando Rayon Militer (Koramil) 0828/06 Kecamatan Jrengik bersama Puskeswan Jrengik dibantu anggota Polsek jrengik melakukan penyekatan terhadap Mobil Truk bak tertutup yang diduga bermuatan hewan ternak di Jalan Raya Jrengik, Sampang Madura,Rabu (13/7/2022).

Dilakukannya penyekatan tersebut untuk antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak.

Sasaran dari penyekatan di utamakan pada Mobil Truk bak tertutup ,seperti Mobil Box tak lepas dari pemeriksaan petugas.

Terpantau di lapangan, kegiatan penyekatan PMK di Jalan Raya Jrengik tersebut terlihat dari sejumlah anggota Koramil dan anggota Polsek Jrengik juga petugas Puskeswan setempat memeriksa mobil box yang diberhentikan.

Saat dikonfirmasi Danramil jrengik Kapten Inf M.Nizen melalui Peltu Sahrul menerangkan, kegiatan ini untuk memutus penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang ada di wilayah Kabupaten Sampang.Selain itu, kegiatan ini dilakukan setiap hari seperti di jalan raya Jrengik maupun di jalan raya lainnya di wilayah kabupaten Sampang.

Tujuan dari kegiatan ini terutama hewan ternak yang dari luar Sampang yang tidak mengantongi surat resmi kesehatan hewan dari Puskeswan.

” Sebenarnya sasaran dari penyekatan ini bukan Mobil Box dan Mobil Truk bak tertutup saja,karena hari ini bukan hari pasaran sehingga di khawatirkan ada yang membawa hewan ternak,terangnya.

Ditempat yang sama dokter hewan Puskeswan Jrengik Andhi Anggara mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan preventif atau pencegahan untuk menimalisir dari mobilitas lalu lintas ternak,paling tidak bisa mengurangi dari penyebaran PMK.

Selain itu, kita juga bisa memberikan penyuluhan,kalau mimang ada angkutan yang membawa ternak paling tidak kita memberikan sosialisasi bahaya PMK dan pencegahannya.

” Miskipun di Kabupaten Sampang mulai terkendali paling gak ini memberikan pengetahuan kepada peternak hewan supaya nantinya kalau menemukan kasus yang baru terkait PMK ini segera melapor ke Puskeswan terdekat,ujarnya.

Perlu diketahui dalam kegiatan penyekatan PMK yang dilakukan di Jalan Raya Jrengik dari beberapa truk bak tertutup maupun mobil box yang diberhentikan Petugas tidak menemukan mobil truk yang  membawa hewan ternak. (Zahrudin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button