Metro

UMKM Jadi Prioritas IB Jika Terpilih Jadi Bupati Buteng

BERITANASIONAL.ID, BUTON TENGAH – Kalangan jagad maya pasti tidak asing dengan Ishak Bagea atau biasa disebut IB. Ia kerap sesumbar membagikan sejumlah postingan di dunia maya terkait program yang akan dikerja jika terpilih menjadi Bupati Buton Tengah (Buteng) periode 2024-2029 nanti.

Salah satu visi misinya yakni melakukan pemberdayaan pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Alasannya supaya perputaran ekonomi masyarakat Buteng terus tumbuh dan berkembang ditengah meningkatnya angka kemiskinan.

Tak tanggung-tanggung untuknmenggenjot UMKM, IB akan mnyiapkan ratusan juta rupiah ditiap Kecamatannya.

“IB KAMPUNG SEJAHTERA harus gass full untuk mengelontorkan dana setengah milyar setiap Kecamatan se-Buteng. UMKM akan dieksekusi kalau PAK IB sudah menjadi Bupati Buton Tengah,” tulis Ishak Bagea saat dikonfirmasi media ini melalui WhatsAppnya, Kamis(24/03/2022).

Untuk bisa menyalurkan bantuan, IB rencananya akan menggandeng sejumlah bank sebagai mitra pemberdayaan.

“Pak IB akan mengandeng Bank Sultra untuk pengembangan dan pemberdayaan UMKM. Ini bentuk pembinaan dan pemberdayaan dari IB KAMPUNG SEJAHTERA, bantuan itu diharapkan bisa mengungkit pertumbuhan ekonomi di masing-masing kecamatan,” tulisnya lagi.

“Pak IB juga mengajak seluruh Camat, Lurah, kepala Desa untuk menjadi offtaker produk-produk UMKM. Jika ada kegiatan, maka belanja bisa dilakukan pada pelaku usaha kecil di daerahnya masing-masing,” tambahnya.

Saat ditanya sumber anggaran yang dipakai untuk peningkatan kapasitas UMKM, IB bilang akan menggunakan APBD.

“Pak IB Kampung sejahtera akan mengalokasikan dana untuk UMKM 35 Persen dari APBD digunakan untuk pengembangan UMKM,” katanya.

KONSEP dan Ide cerdas ini akan terwujud insya Allah kalau PAK IB : ISHAK BAGEA menjadi Bupati Buton Tengah Periode 2024 – 2029. Aamiin… (Win).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button