Daerah

Wabup Jember Gus Firjaun Sebut Pelajar Pilar Indonesia Emas 2045

BeritaNasional.ID, JEMBER JATIM – Wakil Bupati Jember KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman berharap agar para pelajar bisa menjaga kesehatan, menghindari pergaulan bebas, dan melipatgandakan semangat belajar. Sebab, mereka adalah generasi harapan bangsa yang akan menjadi pilar Indonesia emas tahun 2045.

Harapan tersebut disampaikan Gus Firjaun, sapaan akrabnya, kepada sejumlah awak media di sela-sela kunjungannya ke MAN 1 Jember, Selasa (16/7/2024).

Gus Firjaun didampingi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Jember Poerwahjoedi dan rombongan melakukan edukasi gizi, kesehatan reproduksi, pencegahan perkawinan anak, dan pemberian tablet tambah darah pada para pelajar baru MAN 1 Jember yang tengah melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa MAN 1 Jember  (Matsama) 2024.

Menurut Gus Firjaun, salah satu cara untuk menghindari pelajar terjerumus pada perilaku yang tidak bagus adalah  mereka harus menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang positif sehingga tidak sempat memikirkan hal-hal yang negatif.

“Karena bagaimanapun mereka adalah aset Jember untuk 10-15 tahu ke depan. Harapan Indonesia emas dimulai dari sini,” ujarnya.

Ia juga menyinggung  maraknya media sosial yang menjadi kecenderungan ‘hiburan’ para remaja dan masyarakat pada umumnya. Katanya, globalisasi teknologi adalah sebuah keniscayaan, tidak bisa ditolak. Karena itu, yang terpenting adalah bagaimana memanfaatkan itu dan memfilternya. Perlu filter, karena semua hal bisa didapatkan di media sosial, mulai dari yang paling negatif hingga yang positif.

“Tergantung bagaimana kita memfilternya,” jelasnya.

Gus Firjaun mengaku yakin sekolah-sekolah berbasis agama seperti MAN 1 Jember dan sebagainya mempunyai cara sendiri untuk memproteksi siswa-siswinya agar terhindar dari pengaruh jelek media sosial.

“Walhasil  agar mereka punya akhlak yang baik. Ini tentu harus ditopang dengan ibadah. Di sini fasilitas untuk ibadah dan sebagainya sudah komplit,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Firjaun juga memberikan tablet tambah darah kepada siswa-siswi baru MAN I Jember yang berjumlah 461 orang (AAR/Bernas).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button