DaerahJawa Timur

Walau TKW Ilegal, Ny. Liana Tetap Dapat Bantuan Pemerintah

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Ny. Liana, Warga Desa/Kecamatan Jambesari Darussholah yang viral mendapat perhatian dari Pemkab Bondowoso. Dia akan dibantu untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB), Hj. Anisatul Hamidah, Msi mengatakan, Pemkab akan memfasilitasi kebutuhan Adminduk, Keshatan, KIS, DTKS, dan bantuan sosial lainnya.

“Kami juga akan melakukan pendampingan fisik dan psikis pada koran. Kami telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait,” kata Anis, sapaannya, saat mendampingi korban menemui Bupati.

Ny. Liana akan mendapatkan Kartu Indonesia Sehat atau (KIS) secara gratis. Kartu merupakan sebuah layanan jaminan kesehatan yang dikhususkan untuk masyarakat yang kurang mampu dan tidakdipungut iuran per bulannya.

Ditambahkan, kebijakan tersebut dipilih agar Pemerintah Kabupaten Bondowoso dapat memberikan pelayanan kesehatan yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh masyarakat kurang mampu.

Di tempat yang sama, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) dan Naker, Nunung Setianingsih, MM, mengatakan, Ny. Liana merupakan TKW yang berangkat secara ilegal.

“Setelah kasus Ny. Liana viral di Media Sosial (Medsos), kami bersama staf langsung melakukan tracking. Hasilnya, korban menjadi TKW sejak tahun 2008 di Malaysia,” kata Nunung, sapaannya.

Haryadi, lanjutnya, mengaku kehilangan kotak dengan ibunya, Ny. Liana sejak 2 bulan terahir, karena hpnya hilag. Korban ditemukan oleh Uya Kuya dalam keadaan terlantar dan diantar ke Bondowoso.

Ditambahkan, saya menyarankan kepada warga Bondowoso jika ingin menjadi TKI/TKW, berangkat secara legal melalui PJTKI resmi yang terdaftar di Disnaker. Sehingga ketika ada persoalan kecil, sedang, dan berat, kami bisa langsung turun tangan. (Zainul Muhaimin/BeritaNasional.ID)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button