Sidrap

Wujud Kepedulian, IPMI Sidrap-BKPT UMI Bertekad Tingkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Terpencil di Sidrap

 

BeritaNasional.ID, Sidrap – Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia (IPMI) Sidenreng Rappang dan Badan Koordinasi Perguruan Tinggi (BKPT) Universitas Muslim Indonesia mengadakan program pembinaan bagi Sekolah Kelas Jauh, salah satunya di SD Neg 6 Batu Lingkungan 3 Kelurahan Batu Kecamatan Pitu Riase Sidrap.

Ketua Umum BKPT UMI Tiya Hardiyanti saat di konfirmasi melalui ponselnya, Ahad, 22 Agustus 2021 mengatakan IPMI bersama BKPT UMI melaksanakan pembinaan bagi peserta didik utamanya di Desa terpencil, ini bertujuan untuk pemerataan Pendidikan guna untuk menunjang peningkatan mutu, yang berkualitas dan berdaya sain.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di Sekolah Binaan kelas Jauh SD Neg 6 Batu, dengan melibatkan sedikitnya 30 Mahasiswa, yang berlangsung selama 5 (lima) hari, sejak tanggal 17 – 22 Agustus 2021, jelas Tiya Hardiyanti.

Lanjut Tiya Hardiyanti mengatakan di Sekolah ini, jumlah peserta Didik sebanyak 27 Orang, yang terdiri dari Kelas I sebanyak 7 orang, Kelas 2 sebanyak 2 orang, Kelas 3 sebanyak 5 orang, Kelas 4 sebanyak 5 orang, Kelas 5 berjumlah 7 orang dan Kelas 6 sebanyak 2 orang.

“Untungnya di Sekolah ini, ada salah seorang tenaga pendidik, ini a salah Ibu Susanti, dimana Sekolah ini Induknya berada di Barukku Kec.Pitu Riase,
Ironisnya lagi Kelas jauh ini minim fasilitas Sekolah, disamping tidak adanya akses jaringan, dan yang terpenting adalah akses jalan menuju ke Sekolah tersebut dan perlu perhatian Pemerintah Daerah,” jelas Tiya Handayanti.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini, kami memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik, guna untuk menunjang Peningkatan mutu pendidikan melalui sistem penjaminan mutu pendidikan. Agar kualitas anak di desa terpencil berimbang dengan mutu pendidikan Anak yang ada di kota,”lanjutnya.

Lanjut Tiya Handayanti mengatakan bahwa Sekolah Binaan ini merupakan program kerja devisi Hubungan Masyarakat departemen pengabdian masyarakat IPMI Sidrap BKPT UMI, yang tentunya tidak lepas dari fungsi Mahasiswa diantaranya yaitu sebagai agen perubahan dan penyambung lidah masyarakat.

Dijelaskan lebih jauh Tiya bahwa Sekolah SD Neg 6 Batu, bagi kami adalah Sekolah yang perlu perhatian khusus dari Pemerintah. Kita sama-sama mengerti, kita sama-sama merasa, tapi belum tentu kita sama-sama Peduli. dan ini merupakan bentuk kepedulian kami.

Ditambahkan Tiya Hardiyanti, mengatakan bahwa program pembelajaran ini kepada Murid, tetap kita mengedepankan protokol kesehatan, bahkan ditengah masyarakat kita memberikan edukasi terhadap bahaya penyebaran covid-19, untuk itu kita harus menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan pola 5 M.

Sementara Guru Kelas Jauh SD Neg 6 Batu, Susanti, mengatakan menyambut baik kedatangan IPMI Sidrap BKPT UMI, Kami sangat mendukung dan mengapresiasi Kegiatan Mahasiswa, sebab kegiatan seperti ini dapat menambah daya tarik dan semangat siswa dalam menimbah ilmu, serta daya tarik dan minat untuk belajar, dan perlu diketahui bahwa Sekolah ini di pimpin-Herawati selaku kepala Sekolah SD Neg 6 Batu.

Lanjut Susanti mengatakan kegiatan Mahasiswa di Sekolah, bernilai positif dan punya arti lebih luas dan mendalam guna untuk peningkatan mutu pendidikan, kami siap memfasilitasi kegiatan seperti ini berupa tempat tinggal.dan ini juga mendapat dukungan dari pemerintah setempat khususnya Kepala lingkungan kelurahan batu

“Harapan kami ,agar kegiatan ini bisa kita programkan setiap periode kepengurusan sebagai bentuk pengabdian nyata ditengah tengah masyarakat terkhusus pada masyarakat Desa terpencil yang butuh uluran tangan dari kita semua,” pinta Susanti. (Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button