Ragam

3 Cara Memilih Asuransi yang Tepat dan Terpercaya

BeritaNasional.ID — Perusahaan asuransi kini bukan hanya menjadi penyedia jasa asuransi, namun juga bisa menjadi salah satu sarana investasi bagi masyarakat.

Sejalan dengan perkembangan zaman dan informasi, ketertarikan masyarakat terhadap berbagai jenis asuransi juga mengalami peningkatan pesat.

Ada berbagai perusahaan asuransi yang menawarkan produk-produk menarik yang sesuai dengan kebutuhan.

Bila Anda berminat untuk membeli produk asuransi, ada baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu supaya Anda tidak salah memilih produk dan perusahaan asuransi. Salah satu asuransi terpercaya di Indonesia adalah PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia.

Khusus menjual polis asuransi mobil saja, untuk Anda yang berdomisili di Jakarta,

Anda bisa melakukan cek cara klaim asuransi mobil Jakarta untuk memastikan apakah prosesnya sudah sesuai prosedur yang aman dan efektif.

Selain memilih perusahaan asuransi yang tepat, berikut ini adalah 3 cara memilih asuransi yang tepat dan terpercaya:

Cek Legalitas di OJK

Pertama, Anda harus memastikan apakah perusahaan asuransi yang akan Anda pilih sudah memiliki legalitas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di Indonesia, OJK memiliki kewenangan untuk mendata dan mengawasi aktivitas finansial yang dilakukan oleh berbagai lembaga keuangan, termasuk salah satunya adalah perusahaan asuransi.

Ada cara mudah untuk memastikan apakah perusahaan asuransi yang akan Anda pilih telah memiliki legalitas dari OJK. Anda bisa langsung membuka website resmi OJK dan melihat apakah perusahaan asuransi pilihan Anda telah terdaftar di OJK.

Salah satu perusahaan asuransi terpercaya yang telah terdaftar di OJK adalah Asuransi Tugu Pratama Indonesia.

Perusahaan asuransi yang satu ini layak untuk Anda pilih karena memiliki legalitas yang jelas. Selain itu, perusahaan ini juga menawarkan banyak produk asuransi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pertimbangkan Track Record Perusahaan

Poin selanjutnya dalam mempertimbangkan perusahaan asuransi terbaik adalah memiliki track record baik.

Anda wajib melihat track record dari setiap perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Dari situ akan terlihat apakah perusahaan tersebut pernah memiliki permasalahan terkait klaim dari nasabah ataupun permasalahan lainnya.

Saat melihat track record sebuah perusahaan asuransi, pastikan Anda juga melihat di bagian testimoni nasabah. Dari situ Anda dapat menentukan apakah perusahaan tersebut merupakan perusahaan asuransi terpercaya.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang memiliki track record yang buruk, sehingga saat ini sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari para nasabahnya. Track record perusahaan tersebut menunjukkan kinerja sebuah perusahaan.

Pastikan Anda juga mempertimbangkan hal ini sebelum memilih perusahaan asuransi untuk membeli produk asuransi.


Pertimbangkan RBC Perusahaan Asuransi

Poin pertimbangan selanjutnya adalah RBC atau Risk Base Capital dari sebuah perusahaan. Angka RBC sebuah perusahaan asuransi menunjukkan kekuatan dari perusahaan tersebut.

Bila Anda ingin memilih sebuah perusahaan asuransi yang tergolong kuat, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memilih perusahaan asuransi dengan RBC minimal 120%.

Bila sebuah perusahaan asuransi telah memenuhi angka RBC minimal 120%, maka dapat diartikan bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang cukup kuat. Dengan demikian, risiko untuk mengalami permasalahan atau bahkan kebangkrutan tergolong kecil.

Poin tersebut sudah mencakup semua produk yang disediakan oleh perusahaan. Bukan hanya asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, namun asuransi mobil juga termasuk di dalamnya. Anda bisa melakukan cek cara klaim asuransi mobil Jakarta untuk memastikan apakah prosesnya sudah sesuai prosedur yang aman dan efektif.

Perusahaan Asuransi yang Memiliki Jaringan Luas

Jaringan perusahaan asuransi juga bisa menjadi salah satu poin pertimbangan ketika Anda akan membeli produk asuransi. Hal ini akan memudahkan Anda di kemudian hari bila Anda akan melakukan klaim.

Proses klaim asuransi tentu akan lebih mudah dilakukan bila perusahaan tersebut memiliki kantor di sekitar tempat tinggal Anda.

Sebelum memutuskan untuk memilih perusahaan asuransi, ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut memiliki kantor di sekitar tempat tinggal Anda.

Bahkan, Anda juga bisa melihat dari lokasi kantor tersebut, apakah memiliki layanan pelanggan atau tidak.

Poin ini sangat penting karena layanan pelanggan akan menunjukkan apakah perusahaan tersebut cukup terpercaya atau tidak.

Bila Anda akan memilih produk asuransi, pastikan Anda sudah melakukan semua poin di atas, terlebih lagi, belilah produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button