DaerahJawa TimurRagamSitubondo

PON XX Papua, Atlet Anggar Kabupaten Situbondo Sabet Medali Perunggu

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JAWA TIMUR,- Atlet anggar nomor degen dari Kabupaten Situbodo Sigy Kanadela (22) berhasil menyumbang medali perunggu untuk kontingen Jawa Timur, pada kejuaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Rabu (6/10/2021).

Keterangan yang disampaikan Anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, Nusa Aldera menjelaskan bahwa, Sigy dikalahkan oleh lawannnya Anggi Wiliansyah asal Jawa Barat, di babak semi final dengan skor 14:15, yang berlangsung di venue Kompleks Gereja ST Yoseph Merauke, Provinsi Papua.

“Berdasarkan rangking pada babak penyisihan, Sigy unggul dibanding lawannya pada perempat final Anggi Wiliansah. Namun, kami tetap bangga atlet anggar Kabupaten Situbondo mampu menyumbang medali perunggu,” ujar Dera, sapaan akrabnya.

Selama menyaksikan pertandingan perempat final, sambung Dera, Sigy melawan Anggi dalam siaran langsung di aplikasi IG dan youtube, Anggi tampak bermain hati-hati dan menunggu kelalaian Sigy. “Atlet anggar asal Jawa Barat ini menghadapi Sigy lebih hati-hati, dan menunggu kelalaian Sigy,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dera mengatakan bahwa, Sigy Kanadela masih punya kesempatan dan harapan untuk meraih medali emas pada pertandingan di nomor degen beregu, yang dijadwalkan bertanding pada hari Jumat tanggal 8 Oktober 2021 mendatang. “Nomor degen beregu Jawa Timur cukup tangguh. Maka saya yakin di nomor degen beregu Jatim ini dapat meraih medali emas. Sebab, ketika pra-PON meraih medali emas,” jelasnya.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Dera, namun dia juga menjelaskan bahwa, Sigy merupakan putra dari pasangan Sukono dan Elfiyatin. Sigy juga punya banyak koleksi medali emas, perak dan perunggu.

“Berbagai kejuaraan pernah diikuti oleh Sigy, mulai kejuaraan porprov, Pekan Olahraga Mahasiswa, pertandingan mahasiswa se-Asia Tenggara dan kejuaraan nasional lainnya,” tegas Deara

Dilain pihak, Ketua KONI Kabupaten Situbondo, Sadi mengapresiasi atas prestasi atlet anggar yang menyumbangkan medali perunggu untuk Jawa Timur, dan menjadi kebanggan Pemprov Jatim serta Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo. “Prestasi yang diraih Sigy Kanadela ini membuat harum nama Kabupaten Situbondo,” tuturnya.

Sebelumnya, kata Ketua KONI Situbondo, pada babak delapan besar Sigy berhasil menekuk lawannya Muhammad Ridho Abdullah, asal Kalimantan Barat. Pertandingan selanjutnya di perempat final, Sigy bertemu dengan Anggi Wiliansyah, atlet asal Jawa Barat, dan kalah dengan skor 14:15.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button