Metro

Sebut Kemiskinan dan IPM Rendah, Bappeda: Terlalu Banyak Orang Tinggal Diluar Buteng

BERITANASIONAL.ID, BUTON TENGAH SULTRA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) Samsuddin Pamone, menyebutkan bahwa tingkat kemiskinan dan Indeks Pembagunan Manusia (IPM) di Buteng terbilang tinggi.

Hal itu diperparah adanya pandemi covid-19 selama 2 tahun sehingga sedikitnya menghambat proses pembangunan serta mengganggu sektor perekonomian, kesehatan dan pendidikan.

“Meski begitu pertumbuhan ekonomi Buteng tahun 2021 masih terbilang stabil bahkan naik hingga mencapai angka 3,07 persen,” ucap Samsuddin Pamone usai mengikuti Musrembang RKD 2023, Selasa (22/03/2022).

Tapi sayang, lanjutnya, peningkatan pertumbuhan ekonomi berbanding terbalik dengan angka kemiskinan dan Indeks Prestasi Manusia (IPM).

Hal itu akibat mayoritas masyarakat di Buteng banyak yang berada diluar daerah, namun aktif dalam melakukan transaksi keuangan antar daerah melalui bank maupun ATM.

“Iya, ini tadi sempat dijelaskan oleh perwakilan Bappeda dari provinsi, angka pertumbuhan ekonomi kita lumayan meningkat, namun berbanding terbalik dengan IPM kita. Ini masaalahnya karena itu tadi, banyak masyarakat kita yang berada di luar Buton Tengah namun aktif mengirim uang di kampung,” katanya.

Untuk itu, Ia berharap melalui Musrembang RKPD tahun 2023 kali ini, kebijakan berkaitan dengan keuangan yang ada di daerah dapat tepat sasaran utamanya sektor ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

“Kita melihat apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, makanya melalui ini kita tampung semua aspirasi masyrakat. Tapi secara keseluruhan sektor ekonomi, pendidikan dan kesehatan itu masih jadi yang strategis,” jelasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh media ini, human development indeks atau IPM Buteng 2 tahun terakhir selalu berada paling bawah se-Sultra.

Data tahun 2020 menunjukan IPM Buteng berada paling buncit kebawah dengan persentase 64,37 persen tepatnya posisi ke-17 disusul Busel 64,93 persen (Data BPS: Buteng dalam angka 2020 dan 2021).

Untuk tahun 2021, IPM Buteng masih tetap setia pada posisi bawah dibayang bayangi oleh Busel dengan persentase 64,55, sedangkan Busel 64,99 persen.

Sedang angka kemiskinan di Buteng tahun 2020 sebanyak 14,40 persen. Kemudian tahun 2021 bergerak naik pada angka 14,73 persen (Win).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button