AsahanDaerah

5 Kali Raih Opini WTP, Pemkab Asahan Terima Penghargaan UAPPA – W Dari DJPb Kementerian Keuangan RI

BeritaNasional.Id – Asahan, Sumatera Utara – Pemerintah Kabupaten Asahan mendapat penghargaan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA – W) Tahun 2022 dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sumatera Utara Kementerian Keuangan RI karena telah memperoleh opini WTP sebanyak 5 kali dari BPK RI.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kepada Bupati Asahan H. Surya BSc dalam rapat koordinasi Pemerintah Daerah dan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah Tahun 2022 di Sumatera Utara yang berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin rumah dinas Gubernur di Medan, Kamis (3/11/2022).

Dalam Rakor itu Gubernur Sumatera Utara memperlihatkan data 10 tahun terakhir mengenai jumlah Pemerintah Daerah yang meraih opini WTP. Jumlahnya beragam, naik dan sempat mengalami penurunan. Dan raihan 5 kali opini WTP berturut oleh Pemerintah Daerah di Sumatera Utara bukan sesuatu yang perlu dimaknai secara berlebihan.

Kemudian Edy menjelaskan dengan kesesuaian format pengelolaan dan laporan keuangan berdasarkan aturan, tentu langkah selanjutnya adalah menselaraskannya dengan implementasi dalam mensejahterakan masyarakat. Sehingga ada evaluasi dan membuat satu daerah menjadi lebih baik dari tahun ke tahun.

“Jadi kalau sudah rambu – rambu itu kita patuhi, kita jaga, tak akan kita ditangkap KPK. Pertama pengadaan barang dan jasa, kedua jangan jual beli jabatan, ketiga jangan gratifikasi, jangan suap dan jangan ada penggelembungan (anggaran). Kalau ini berjalan, semua kita mendapatkan WTP. Atau paling tidak kita sudah pada jalurnya, baru nanti implementasinya kita jaga,” pungkas Gubsu.

Sedangkan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sumatera Utara Kementerian Keuangan RI, Heru Pudyo Nugoroho dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa tema Rakor ini adalah ‘Akuntabilitas Laporan Keuangan, Tingkatkan Kinerja, untuk Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat’.

 

Sementara Bupati Asahan H. Surya BSc menyampaikan bagi Pemerintah Kabupaten Asahan capaian meraih opini WTP dari BPK RI merupakan yang kelima kali secara berturut – turut sejak Tahun 2017.

Atas keberhasilan tersebut H. Surya BSc menyatakan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif, sehingga diperoleh hasil yang sangat memuaskan yakni opini WTP.

“Saya berharap dalam melaksanakan tugas kita tetap berpedoman dengan prinsip 3T yaitu Tertib Administrasi, Tertib Anggaran, dan Tertib Bertugas serta selalu berusaha untuk melaksanaan anggaran dengan sebaik mungkin demi mewujudkan masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter” ujar Bupati didampingi Kadis Kominfo Syamsuddin SH, Kepala BPKAD Drs. Sofian, Kabag Umum Adi Putra dan Kabag Protokol Darwin Nasution.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button