DaerahHukum & KriminalSumateraSUMUT

1 Korban Kritis dari Dapur Penyulingan Minyak Ilegal di Langkat yang Meledak

BeritaNasional.ID, Langkat –  Dapur penyulingan minyak mentah ilegal di Kabupaten Langkat, Sumut, meledak, Rabu (4/1/2023) sekitar pukul 14.30 WIB. Dampak kebakaran tersebut, dikabarkan 1 orang kritis dan dirujuk ke RS di Medan.

Peristiwa kebakaran dapur minyak itu terjadi di Dusun II Desa Paya Bengkuang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat. Ingin tau peristiwa, warga setempat pun berdatangan, termasuk bagi warga desa disebelahnya, yakni Desa Serapuh ABC, Kecamatan Padang Tuang. 

Mereka hanya menyaksikan dari kejauhan asap yang mengepul tinggi, dan mendengar dentuman dari dapur penyulingan/pemasakan minyak mentah (condensate) di Dusun II Desa Paya Bengkuang. Diketahui oleh warga, condensate setelah dimasak, diproduksi menjadi ceroosine, solar dan premium.

Informasi dirangkum awak media ini, dapur minyak tersebut dikelola oleh inisial Rob warga Desa Paya Bengkuang. Diketahui, pekerjanya saat itu sedang melakukan penyulingan minyak. Pekerja atas nama Rendi (30) warga Dusun I Desa Serapuh ABC, Kecamatan Padang Tualang, Langkat, menjadi korban ledakan dapur pemasak minyak condensate milik inisial Rob.

Korban Rendi menderita luka bakar yang serius disekujur tubuhnya, dan dievakuasi ke RSU di Kota Medan.

“Korban menderita luka bakar yang cukup parah, setelah terbakar, korban sempat dimasukkan ke dalam kolam sewaktu api membakar tubuhnya. Kemudian korban Rendi dibawa ke Rumah Sakit Umum Tanjung Pura, kemudian dirujuk ke RSU Putri Bidadari di Kecamatan Wampu. Karena lukanya serius dan korban kritis, korban selanjutnya dievakuasi disalah satu RSU yang ada di Kota Medan,” ungkap Anto dan Iyan, warga Desa Paya Bengkuang, Rabu malam.

Kapolsek Gebang IPTU M Sebayang ketika dihubungi wartawan melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp, terkait kebakaran dapur minyak di Desa Paya Bengkuang, Gebang, lambat membalas pesan singkaat yang dikirim pukul 15.40 WIB. Namun Kapoksek Gebang baru membalas hingga pukul 23.00 WIB, dan menjawab, dengan pesan singkat “Lagi dibuat laporanya”, tulis Kapolsek.

Terpisah, Abdul Rahmad, Kepala Desa Serapuh ABC, Kecamatan Padang Tualang, ketika dihubungi wartawan Rabu malam, ianya membenarkan seorang warganya atas nama Rendi dirawat di Rumah Sakit akibat luka bakar dari ledakan dapur pemasak minyak di Dusun II Desa Paya Bengkuang.

“Benar, warga kita yang jadi korban, sekarang katanya dirawat di RS dr Djoelham Binjai entah di RSU Medan. Tapi kejadian itu lain desa dan Kecamatan, kejadiannya di Dusun II Paya Bengkuang,” kata Abdul Rahmad melalui telepon selulernya. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button