PemerintahanSinjai

Lomba Desa Tingkat Regional, Pemkab Sinjai Gelar Rakor Matangkan Persiapan

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mengadakan rapat koordinasi (rakor) dengan sejumlah stakeholder terkait di ruang pola kantor Bupati Sinjai, Selasa (11/7/2023)

Rakor ini merupakan tindak lanjut dari hasil penilaian lomba desa tingkat Provinsi Sulsel yang telah menetapkan Desa Barania, kecamatan Sinjai Barat lolos ke tingkat regional 3, yaitu Kalimantan dan Sulawesi.

Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, usai memimpin rakor tersebut mengatakan saat ini Desa Barania, yang menjadi wakil Sulsel dalam tahap penilaian administrasi sesuai dokumen yang telah diupload melalui sistem aplikasi perkembangan desa dan kelurahan.

Sisanya menunggu hasil atau pengumuman 5 besar dari tim penilai dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk kemudian kembali dilakukan verifikasi lapangan menuju 3 besar.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini pengumuman terkait 5 besar akan keluar, untuk kemudian dilanjutkan dengan verifikasi lapangan,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya optimis dan mempersiapkan lebih awal kekurangan – kekurangan yang harus dibenahi jika Desa Barania ditetapkan lolos 5 besar dari 11 Provinsi di regional 3 yang ikut dalam ajang lomba desa tahun ini.

“Kami sejak jauh-jauh hari mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan lomba desa tersebut. Kami sudah sepakat dengan seluruh pihak untuk bekerja semaksimal mungkin sehingga harapan kita kedepan bisa lolos ke 3 besar regional dan lanjut ke tingkat Nasional,” harapnya.

Sementara itu, Kadis PMD Sinjai, Dr. Yuhadi Samad membeberkan bahwa penilaian lomba desa tingkat regional tahun ini sedikit berbeda, sebab tidak semua desa akan dikunjungi oleh tim penilai. Hanya 5 desa setelah dinyatakan lolos 5 besar.

“Kalau dulu itu semua desa dikunjungi, kalau sekarang mekanismenya berbeda, hanya 5 desa yang akan dikunjungi oleh tim penilai setelah pengumuman 5 besar dari 11 desa atau provinsi yang ada di regional 3,” jelasnya.

Hadir dalam rakor para asisten, staf ahli, kepala OPD, pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD, serta Camat Sinjai Barat, A. Nasrung dan Kepala Desa Barania, Firman M. Maddolangeng.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button