BondowosoDaerahJawa Timur

Cegah Bencana Banjir, Perhutani Melakukan Migitasi Dengan Forkopincam dan BPBD

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Musim kemarau dan penghujan di wilayah Indonesia, merupakan salah satu bentuk rahmat dari sang pencipta yang banyak memberikan manfaat dan faidah besar bagi penduduk di bumi Nusantara ini.

Namun demikian, tidak sedikit kedua musim itu mendatangkan musibah dan bencana bagi manusia. Belajar dari pengalaman dua tahun terakhir, dimana musibah bencana banjir dan tanah longsor pernah terjadi dan melanda wilayah Kecamatan Ijen, menjadikan pelajaran bagi Perhutani.

Oleh karena itu, Perhutani KPH Bondowoso melakukan berkoordinasi, bersinergi dan membuat komitmen dengan Forkopimcam Ijen, BPBD untuk melakukan mitigasi bencana. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Homestay Arabica Ijen pada hari Rabu, 27/12/23.

Ronny Merdyanto S.Hut, Administratur Perhutani KPH Bondowoso mengajak dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat bersama-sama melakukan antisipasi pencegahan bencana dengan menanam pohon pada lokasi kosong dan rawan terjadinya longsor serta banjir.

“Kami dan seluruh jajaran Perhutani Bondowoso selalu siap siaga untuk turut berperan aktif dalam mengantisipasi sekaligus penanggulangan bencana,” kata Ronny, sapaanya dihadapan para undangan.

Edy Mulyono SE, MM, Kepala Kantor Kecamatan Ijen memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Perhutani dan seluruh pihak terkait atas terselenggaranya mitigasi bencana yang bertujuan untuk mencegah sekaligus meminimalisir dampak kerugian yang akan dialami oleh warga masyarakat akibat dari bencana.

“Saya, seluruh anggota Forkopimcam dan BPBD juga selalu siap siaga, bersinergi dengan seluruh pihak terkait dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam tahun 2024. Saya berdoa dan berharap di wilayah Kecamatan Ijen ini akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dan terbebas dari berbagai macam bencana,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, disepakati komitmen bersama dalam rangka mengantisipasi bencana. Adapun komitmen yang disepakati adalah bersama-sama menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan dan bertindak pro aktif dan saling berkoordinasi dalam upaya penanggulangan bencana alam.

Komitmen bersama tersebut ditanda tangani oleh Ronny Merdyanto S.Hut Administratur Perhutani Bondowoso, Edy Mulyono SE.MM Camat Ijen, Diana Puspitasari S.Sos.MM Perwakilan BPBD, AKP Agung Sugiharto SM Kapolsek Ijen, dan Serda Yuli Rudiyanto perwakilan Posramil Ijen.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button