AdvedtorialPolitik

Bawaslu Kota Gorontalo Tegaskan Hak Politik WBP Lapas Gorontalo Harus Terpenuhi dalam Pilkada

BeritaNasional.ID, KOTA GORONTALO — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Gorontalo akan melakukan pengawasan terhadap proses penyusunan daftar pemilih di lokasi khusus Lapas Kelas IIA Kota Gorontalo. Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh warga binaan tidak kehilangan hak pilihnya saat Pilkada.

“Meskipun mereka adalah warga binaan, tapi mereka tetap mendapatkan hak memilih pemimpinnya, ini yang ingin kita pastikan,” ungkap Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Gorontalo, Berny Pakaja saat diwawancarai usai mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih di Lokasi Khusus pada Penyelenggaraan Pilkada Tahun 2024, yang digelar di UTC Damhill Kota Gorontalo, Kamis (18/7/2024).

Dalam memastikan hak suara warga binaan dalam memilih, Berny meminta kepada seluruh stakeholder agar saling bersinergi memastikan semua warga binaan yang memiliki hak pilih telah memenuhi persyaratan untuk bisa memilih diantaranya identitas kependudukan atau KTP-el.

“Kami berharap pihak Dukcapil Kota Gorontalo bisa memfasilitasi perekaman KTP-el bagi mereka yang belum memiliki NIK dan KTP-el,” tandasnya.

Korsek Bawaslu Kota Gorontalo, Berny Pakaya (kemeja biru) saat menandatangani Berita Acara hasil Rakor Penyusunan Daftar Pemilih di Lokasi Khusus pada Pilkada tahun 2024 yang digelar di UTC Damhill Kota Gorontalo, Kamis (18/7/2024). (Foto: Noka)

Sesuai data yang disampaikan oleh pihak Lapas Kelas IIA Kota Gorontalo, jumlah WBP yang akan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada nanti sebanyak 609 orang dan untuk 14 orang untuk pemilih di Lapas Anak (update data per 17 Juli 2024).

Dalam rakor ini disepakati bahwa dalam pemungutan suara nanti, KPU Kota Gorontalo akan menyiapkan 2 TPS Khusus di dalam Lapas Kelas IIA Kota Gorontalo.

Rakor ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kota Gorontalo, Bawaslu, perwakilan Lapas Kelas IIA Kota Gorontalo dan Lapas Anak serta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo Yusrianto Kadir. Turut hadir PPK Kecamatan Hulonthalangi dan PPS Kelurahan Donggala.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button