DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Antisipasi PMK, Anggota TNI dan Polri Gencar Lakukan Sosialisasi

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternak di wilayah Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, TNI dan POLRI gencar sosialisasi dan pemeriksaan hewan ternak sapi, Minggu (19/6/2022).

Keterangan yang disampaikan Babinsa Koramil 0823/12 Suboh Sertu Fendik mengatakan bahwa, sosialisasi yang di lakukan Bhabinkamtibmas Polsek Suboh Aiptu Andik dan Babinsa Buduan bertempat Lila warga KP. Widuri RT.002 RW.009 Desa Buduan, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo.

“Dalam sosialisasi tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak sapi oleh petugas Puskeswan. Hal ini dilaksanakan untuk mencegah merebaknya PMK pada hewan ternak di Wilayah Kecamatan Suboh. Sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada warga pemilik hewan ternak sapi agar memahami ciri – ciri hewan ternak yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku,” Sertu Fendik.

Adapun, sambung Sertu Fendik, ciri-ciri hewan ternak sapi yang terserang virus PMK, sapi mengalami demam tinggi, keluar air liur berlebihan, terdapat luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah, hewan ternak tidak mau makan, nafas terlalu cepat atau Hipersalifasi dan Abortus.

“Agar hewan ternak tidak mudah diserang penyakit kami meghimbau kepada pemilik hewan ternak sapi agar selalu membersihkan kandang, meemandikan sapi ternak secara rutin dan memberi vitamin. Hal ini dilakukan supaya hewan sapi peliharaanya tetap Sehat,” pungkas Sertu Fendik.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button