Ragam

“Awas ! Aliran Sesat Berpotensi Besar Menimbulkan Konflik dan Keresahan Masyarakat”. Deteksi Dini,  Kajari Pasaman Rakor PAKEM

“Awas ! Aliran Sesat Berpotensi Besar Menimbulkan Konflik dan Keresahan Masyarakat”

De

BeritaNasional.ID, LUBUK SIKAPING, — Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman, Fitri Zulfahmi,  menyampaikan harapan kepada seluruh Walinagari yang ada di kabupaten Pasaman, agar peka terhadap kejadian dan hal-hal yang ganjil di tengah masyarajat, dan sigap memberikan informasi sedini mungkin. Terutama hal yang berkaitan dengan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan yang dianggap dapat menimbulkan konflik atau keresahan di tengah masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan Fitri Zulfahmi dalam sambutannya membuka Rakor  “Pengawasan Aliran Kepercayaan dalam Masyarakat (PAKEM) dengan seluruh Wali Nagari yang ada di Kabupaten Pasaman, di aula Kejaksaan Negeri Pasaman, Senin ( 5/9).

“Jika seseorang, atau siapapun dan sebagai apapun dia dalam strata sosial masyarakat di nagari, jika ada gelagat dan kegiatannya yang mencurikan menimbulkan konflik dan keresahan, sesegeranya laporkan kepada kami”, harapnya.

Menurut Fitri Zulfahmi, deteksi dini diperlukan untuk mengantisipasi munculnya aliran sesat yang dapat menimbulkan keresahan masyarakar.  Sebagai salah satu upaya bersama menciptakan keamanan, kenyamanan, kebersamaan, dan kedamaian dalam masyarakat Kabupaten Pasaman.

“Dengan diadakannya Rapat Koordinasi PAKEM  bersama seluruh Wali Nagari, diharapkan terbangun kerja sama dan rasa kesatuan tanggungjawab kita untuk pro aktif dalam melakukan pengawasan di tengah masyarakat terhadap munculnya aliran kepercayaan yang menyimpang atau muncul dan berkembangnya aliran sesat yang dapat memicu terjadinya konflik atau gesekan antar  umat  beragama, atau aliran/paham yang tidak sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, jelasnya dalam sambutan tersebut.

Selanjutnya, Rakor dipimpin Kasi Intel Kejaksaan, Pahala Erik Elvandro, didampingi sekretaris Anggi Sumantri Utama. Dihadiri dari unsur TNI, MUI, Kemenag, dan seluruh Walinagari yang ada di Kabupaten Pasaman.

Dalam rapat, Pahala Erik Elvandro lebih mempertegas dan mengkrucutkan tujuan dan materi rapat. Menyamakan gerak langkah masing-masing dalam kebersamaan tanggungjawab Tim Pakem untuk melakukan deteksi dini secara konsisten dan berketerusan agar efektif mengantisipasi munculnya aliran sesat dan menyesatkan, dan juga dapat meningkatkan kerja sama dan sinergisitas Tim PAKEM Kabupaten Pasaman yang dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman.
— YL–

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button