ACEHPolitik

Bagian 2 : Gubernur Aceh, Nova Iriansyah Resmikan MYC di Aceh Tamiang

Perjuangan Fraksi Demokrat ini membuahkan hasil yang saat ini dirasakan oleh masyarakat didaerah pendalaman.

BACA : Bagian 1: SRIKANDI ACEH TAMIANG WUJUDKAN IMPIAN MASYARAKAT KECAMATAN BANDAR PUSAKA  –  MYC JALAN BABO – SIMPANG JERNIH, DEMOKRAT – NOVA – NORA

Salah satu contoh bukti keberhasilan ini untuk Aceh Tamiang kala itu orang nomor satu di Aceh yaitu Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah dengan memberi kepastian akan pelaksanaan pembangunan jalan tembus tersebut. Tepatnya 11 September 2020 langsung mengunjungi Kecamatan Bandar Pusaka melihat dan mendengar langsung aspirasi warga terkait akan dibangunnya jalan yang menghubungkan dua Kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Timur ini. Proyek Multi Years Contract (MYC) Jalan Babo – Simpang Jernih.

“Hari ini saya ingin memastikan pelaksanaan proyek Multi Years Contract (MYC), salah satunya Pembangunan Jalan Babo Kecamatan Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang-Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur, apa benar-benar dibutuhkan oleh warga,” ujar Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah kala kunjungan tersebut.

Sangat beralasan, Plt Gubernur Aceh mendatangi rakyatnya di kabupaten paling Timur Aceh. Apalagi jalan poros yang menghubungkan Aceh Tamiang – Aceh Timur masuk didalam program Multi Years Contract (MYC) Tahun Jamak melalui Program Aceh Seumeugot.

BACA : TERKAIT PENETAPAN TAPAL BATAS ACEH – SUMUT, NORA IDAH NITA APRESIASI KEMENDAGRI DAN PEMERINTAH ACEH

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah Resmikan MYC di Aceh Tamiang

Upaya dan kegigihan Nora Idah Nita telah membuahkan hasil yang gemilang bagi masyarakat Kecamatan Bandar Pusaka, keberadaan jalan tersebut-pun diresmikan oleh Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah MT., Senin 27/06/2022 dengan titik jalan yaitu Batas Aceh Timur – Kota Karang Baru dan Jalan Batas Gayo Lues

Pada peresmian tersebut Gubernur mengatakan, pembangunan kedua ruas jalan tersebut diharapkan dapat menjawab kebutuhan jalur transportasi yang mumpuni bagi masyarakat.

Sebelumnya, ujar Nova, kedua ruas jalan itu sangat sulit dilalui oleh masyarakat terutama warga setempat, karena kondisi badan jalan tanah dan masih banyak yang tidak stabil serta banyak badan jalan yang rusak berat dan terjal dengan elevasi di atas rata-rata.

Keberadaan kedua ruas jalan itu tidak hanya dibutuhkan untuk mendukung gerak ekonomi, sosial dan budaya di kedua wilayah, tapi juga akan membuka keterisolasian masyarakat, serta mendukung konektivitas lintas kabupaten dalam hal pengangkutan barang dan jasa dari sektor pertanian dan perkebunan.

“Dengan demikian perekonomian masyarakat akan meningkat, jarak antar kabupaten/kota bisa dipersingkat, dan akan timbul kawasan pertumbuhan baru sebagai akibat dari lancarnya arus transportasi,” ujar Nova.

Ruas jalan yaitu Batas Aceh Timur – Kota Karang Baru dan Jalan Batas Gayo Lues – Babahroet Aceh Barat Daya adalah dua dari 14 ruas jalan yang digarap dengan skema multiyears contract, mencakup pada hampir seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Di antara 14 jalan itu, ada yang sudah selesai 100 persen dan ada yang masih dalam tahap pengerjaan. Semua paket tersebut dijangkakan selesai pada akhir tahun ini. Sehingga dengan demikian indeks aksesibilitas antarwilayah di Aceh bisa semakin meningkat, sebagai buah dari membaiknya konektivitas lintas wilayah di Aceh.

Selain dua ruas jalan tersebut, juga ada beberapa pembangunan jalan lainnya yang kini sedang dilakukan, di antaranya adalah Jalan Sinabang-Sibigo, Jalan Nasreuhe-Lewak-Sibigo, peningkatan jalan Blangkejeren-Tongra-Batas Aceh Barat Daya, Peningkatan Jalan Batas Aceh Timur-Pining-Blangkejeren, Peningkatan Jalan Trumon-Batas Aceh Singkil, Peningkatan Jalan Peureulak-Lokop-Batas Gayo Lues, Peningkatan Jalan Sp. Tiga Redelong-Pondok Baru-Samarkilang, dan Peningkatan Jalan Jantho-Batas Aceh Jaya.

Nova menyebutkan, sekira dua tahun lalu, dirinya duduk bersama tokoh masyarakat Aceh Tamiang di Masjid Babo, Kecamatan Bandar Pusaka. Saat itu dirinya berjanji pembangunan jalan dari Karang Baru ke Simpang Jernih Aceh Timur akan dituntaskan.

“Alhamdulillah niat baik kita dengan tujuan membangun demi rakyat, hari ini jalannya selesai dibangun. Hari ini janji itu telah saya tunaikan, dan hutang saya lunas,” kata Nova.

BERSAMBUNG……

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button