Ragam

Banjir di Lapas Kelas IIA Gorontalo Terkendali, WBP Aman dan Proses Pemulihan Berlangsung

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Hujan deras yang mengguyur Kota Gorontalo sejak Rabu (7/3) siang sekitar pukul 14.00 WITA, mengakibatkan Lapas Kelas IIA Gorontalo terendam banjir. Ketinggian air mencapai 30 cm di beberapa area, termasuk 2 blok hunian, ruang kerja pegawai, dan klinik kesehatan.

Kepala Lapas Kelas IIA Gorontalo, Indra Mokoagow memastikan bahwa kondisi di dalam lapas aman terkendali. Para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang terdampak banjir telah dievakuasi ke blok lain yang tidak terendam.

Banjir ini terjadi karena hujan deras dan drainase yang tidak memadai ditambah lagi dengan kondisi Lapas yang berada dibawah kaki bukit, sehingga air dari atas bukit mengalir dan memasuki area lapas.

“Pukul 21.00 WITA kemarin, air sudah surut dan saat ini petugas lapas bersama-sama dengan WBP sedang membersihkan area yang terdampak,” ujar Indra.

“Alhamdulillah, semua WBP dalam keadaan aman dan tidak ada yang terluka. Kami telah memindahkan mereka ke blok lain yang tidak terendam banjir. Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak kesehatan untuk memastikan kondisi kesehatan para WBP,” imbuhnya.

Indra menghimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir. Ia memastikan bahwa situasi di lapas saat ini aman terkendali dan para WBP dalam keadaan baik.

Pihak lapas juga akan meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi potensi banjir susulan.

Peningkatan kewaspadaan ini antara lain dengan melakukan monitoring cuaca secara berkala dan meningkatkan kesiapsiagaan petugas.

(Rls/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button