DaerahJawa TimurTNI Dan Polri

Batalyon Infanteri Raider 514/ Sabbada Yudha Sudah 7 Bulan Bertugas di Papua

BeritaNasional.ID – Bondowoso Jawa Timur, Pada hari Senin 15 Agustus 2022 pasukan tempur militer Tentara Nasional Indonesia dariĀ  Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad), Batalyon Infanteri Raider 514/ Sabbada Yudha mulai bergerak untuk melaksanakan tugas di Papua.

Sampai bulan Maret 2023, sudah 7 bulan membela NKRI di tanah Papua. Pasukan tempur Kostrad berjuluk Harimau Bonodowoso itu, mulai bergerak meninggalkan markas mereka di Desa Curahpoh, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso.

Selama bertugas di Bondowoso, Danyon Rinto Wijaya dekat dengan masyarakat dan tokoh masyarakat. Sehingga saat meninggalkan Bondowoso, mereka dan pimpinan daerah turut mengantar keberangkatan pasukan yang berada di bawah komandoĀ  Brigif Raider 9/Daraka Yudha, Divisi Infanteri 2/Kostrad.

“Masyarakat Bondowoso melepas keberangkatan dan selalu mendoakan agar Yonif Raider 514/SY berhasil dan selamat di medan tugas,” kata Bupati Bondowoso, Drs. KH Slwa Arifin, saat itu.

Dari relaease yang dikirim Pasi Intel 514 ke Media Partner Raider 514, pasukan ini sudah banyak melakukan penyelamatan, bakti sosial, dan inten melakukan komunikasi dengan Pemerintah setempat.

Sebanyak 450 prajurit TNI Yonif Raider 514/SY telah berjibaku dengan kelompok anti NKRI. Hasilnya, para perusuh tersebut dibuat kewalahan dan herus berhitung berkali-kali untuk membuat keributan.

Disisi lain, ketika Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf saat berkunjung ke Makodim 0822 Bondowsoso menyampaikan Pasukan 527/BY Lumajang juga akan diterjunkan ke Papuan untuk menjaga teritorial.

Menanggapi hal itu, dalam Media Partner Raider 514, Letkol Rinto Wijaya menjelaskan, 527/B Lumajang dibawah Komando Kodam, sedangkan Batalyon Infanteri Raider 514/ Sabbada Yudha dibawah Komando Brigif Raider 9/Daraka Yudha, Divisi Infanteri 2/Kostrad.

ā€œWalaupun kedua satuan ini berasal dari TNI, tugasnya berbeda. Pasukan dibawah Kodam menjaga teritorial, sedangkan pasukan Batalyon Infanteri Raider 514/ Sabbada Yudha berperang dengan musuh negara,ā€ jelas Rinto, sapaannya, kamis 20/3.

Dalam penugasan sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini 2022 ini, pasukan Raider Harimau Bondowoso Kostrad dipimpin oleh Mayor Inf Rinto Wijaya sebagai Komandan Satgas.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button