GorontaloHeadlinePolitik

Bawaslu Provinsi Gorontalo Minta Masukan Masyarakat Terkait Pengawasan Pemilu Partisipatif

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo menggelar Forum Diskusi Publik Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan Tema Membangun Sinergi dan Kolaborasi Dalam Pengawasan Pemilu Serentak tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Jum’at (21/10/2022).

Pada kegiatan ini, Bawaslu Provinsi Gorontalo menghadirkan peserta dari masyarakat pegiat pemilu, mahasiswa dan para insan pers.

Sementara yang menjadi pemateri pada kegiatan ini berasal dari Akademisi, pegiat pemilu dan mantan penyelenggara pemilu.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Idris Usuli dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mendapatkan masukan dari masyarakat terkait dengan pola pengawasan partisipatif.

“Biasanya kami memberikannya informasi kepada masyarakat. Untuk kali ini kami meminta kepada masyarakat untuk memberikan masukan bagaimana melakukan pengawasan pemilu dan pencegahan (pelanggaran) pemilu,”tuturnya.

Idris Usuli juga menjelaskan bahwa pihaknya akan merangkum semua masukan dan masyarakat ini dan nantinya akan disampaikan pada kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu berikutnya.

“Karena yang tahu kultur (kebiasan) masyarakat itu kan masyarakat sendiri. Sehingga masukan dari masyarakat ini akan kami sampaikan kepada masyarakat dalam kegiatan selanjutnya,”paparnya.

Selain kepada masyarakat umum, Idris juga berharap pers lebih berperan aktif dalam pengawasan pemilu.

“Kami sangat berharap peran aktif teman-teman media (pers) dalam pengawasan pemilu melalui karya jurnalistiknya. Oleh karena itu kami sering menghadirkan media dalam setiap kegiatan bawaslu,”pungkasnya. (Noka).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button