HeadlineSulawesi

Bukti Manfaat Pupuk Organik Cair Kocor, Hasil Gabah Meningkat 70 Persen Perhektar

 

BeritaNasional.ID, SIDRAP, —- Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah Sidrap. Melakukan panen raya padi hasil pupuk organik cair kocor di Kelurahan Duampanua, Kecamatan Baranti, Kabupaten Sidrap belum lama ini.

Hal tersebut di sampaikan Ketua MPM Muhammadiah Sidrap Abd Rahman Menda saat di konfirmasi melalui ponselnya, Rabu, 23 Februari 2022.

Rahman Menda mengatakan, panen raya tersebut dilakukan sekaligus untuk membuktikan manfaat dari penggunaan pupuk cair organik kocor dengan bahan baku lokal.

“Alhamdulillah, hasilnya bagus. Peningkatan berat gabah mencapai 70 persen dari hasil total setiap hektar dengan perincian 25 are 15 karung dengan rata-rata timbangan 120 kilogram per karung,” ujar Rahman Menda.

Rahman Menda menjelaskan bahwa, pupuk kocor berbahan baku lokal tersebut terbuat dari buah-buahan. Seperti nanas, wortel, kol, juga dari rumput-rumputan, serta kotoran kambing, dan kotoran sapi.

Disamping itu kata Rahman Menda. Kelebihan pupuk ini dapat meningkatkan hasil produksi pertanian. Selain juga bisa menekan biaya pengolahan dan memproduksi hasil yang ang lebih baik. Dengan menggunakan pupuk organik kocor hasil produksi lebih meningkat, urai Rahman Menda

“Yah, kalau kita gunakan pupuk tersebut biaya mulai tanam hingga panen hanya sekitar Rp500 hingga Rp600 ribu perhektare. Sebab, semua kebutuhan pupuk kocor maupun obat hama diproduksi sendiri. Seperti aman 51 dengan menggunakan perasaan tumbuh PGPR dan Baco Becce,” jelas Rahman Menda.

Pupuk organik cair tersebut mulai diperkenalkan kepada petani sejak musim tanam April-Oktober 2021. Dan jumlah pemakaian hingga saat ini sudah mencapai 15 haktare.

“Petani-petani sudah mulai meninggalkan penggunaan pupuk kimia dan beralih ke pupuk organik cair karena dinilai efesiansi anggaran serta dapat meningkatkan produksi pertanian,” ucap Rahman Menda

Ditambahkan Rahman Menda, bahwa dalam waktu dekat akan melakukan pelatihan cara pembuatan atau penggunaan pupuk kocor. Untuk petani di sejumlah wilayah di Kabupaten Sidrap, terang Rahman Menda. (Risal Bakri/Beritanasional.ID).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button