AsahanDaerah

Bupati Asahan Dan Forkopimda Ikut Rakor Virtual Evaluasi PPKM Mikro Dengan Pemerintah Pusat

BeritaNasional.ID, Kisaran – Bupati H. Surya BSc bersama Forkopimda Kabupaten Asahan dan sejumlah OPD terkait mengikuti rapat koordinasi secara virtual dengan pemerintah pusat yang membahas tentang evaluasi penanganan Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro bertempat di ruang utama rumah dinas Bupati setempat, Senin (14/06/2021)

Dalam Rakor itu Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa kasus harian Covid-19 secara nasional saat ini mengalami peningkatan. Dikatakannya bagi wilayah yang berzona merah diperlukan penambahan tempat tidur disetiap rumah sakit rujukan. Untuk pembelajaran dilakukan 100 persen secara daring. Dan untuk mensukseskan pelaksanaan PPKM Mikro diharapkan TNI – Polri bersinergi dengan Kepala Daerah dalam pelaksanaannya.

Sementara Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan kepada Kepala Daerah dan Forkopimda agar melakukan pengetatan pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Kepala Daerah dan Forkopimda diharapkan senantiasa berkordinasi dengan melakukan Rakor tentang langkah-langkah atau strategi penanganan pencegahan covid-19.

Mendagri berharap disetiap tingkatan wilayah atau daerah memiliki posko covid-19, sehingga apabila di daerah tersebut berzona merah dapat dilakukan penguncian daerah tersebut sehingga penyebaran wabah covid-19 dapat dihindari. Dan terkait pembelajaran kepada wilayah yang berzona hijau dan kuning dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka, namun tetap mematuhi Protokol Kesehatan, membatasi jumlah kehadiran dan setiap sekolah harus memiliki Satgas Covid-19.

Selanjutnya Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa peran Pemerintah dalam menekan angka covid-19 cukup efektif misalnya dengan melakukan penyekatan. Dikatakannya Kejaksaan mendukung penuh penanganan covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah dan selalu mengawasi serta memonitoring perkembangannya di seluruh daerah.

Sedangkan Kasatgas Covid-19 Letjend TNI Ganip Warsito menyampaikan tindak lanjut pelaksanaan PPKM Mikro dan Posko Desa/Kelurahan kedepan yakni peningkatan Sumber Daya Operasional Giat Penanganan Covid-19. Dimana Pemda wajib mengintensifkan penyerapan dan penyaluran APBD untuk dana operasional penanganan covid-19, Pemda harus memastikan dukungan sarana dan prasarana untuk operasional posko yang tersedia, Pemda mengkomunikasikan kendala dan kebutuhan dukungan kepada K/L terkait, serta berkoordinasi dalam langkah tindak lanjut bersama.

Bupati Asahan H. Surya BSc yang ditemui usai mengikuti rapat virtual tersebut meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersatu dan bersinergi dalam mengatasi wabah virus Corona itu. Surya yakin bila semua ikut andil menanggulangi penyebarannya dengan mematuhi protokol Kesehatan maka upaya pemutusan mata rantai Covid-19 dapat berjalan maksimal.

Saat ini sebaran Covid-19 di Kabupaten Asahan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dan Pemerintah pusat meminta setiap Kepala Daerah supaya memaksimalkan penerapan PPKM mikro dan berkolaborasi dengan Forkopimda, ujar Bupati Asahan yang kemudian menambahkan koordinasi lintas sektor sangat penting dalam meredam penyebaran Covid – 19 karena membutuhkan peran dari seluruh elemen Masyarakat.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button