DaerahJawa TimurPelantikanRagamSitubondo

Bupati Lantik 57 Pejabat Dilingkungan Pemkab Situbondo

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Bupati Situbondo Karna Suswandi melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap jabatan pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pengawas dan penugasan PNS fungsional sebagai kepala UPT Puskesmas serta pengukuhan struktur organisasi tata kelola BKPSDM Kabupaten Situbondo, Rabu (11/1/2023).

Pelantikan pejabat yang berlangsung di pandapa Arya Situbondo ini dilakukan untuk penyegaran organisasi dari satu pejabat ke pejabat lainnya. Adapun pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap jabatan pimpinan tinggi pratama yakni Sruwi Hartono, dari yang awalnya menjabat Kabag Umum pada Sekretariat Daerah Situbondo, kini menduduki jabatan baru menjadi Kepala BPBD Situbondo.

Selanjutnya, Timbul Surjanto, jabatan lama Kabag Perekonomian, Pembangunan dan SDA pada Sekretariat Daerah Situbondo, kini menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Situbondo, Sandy Hendrayono, jabatan lama Direktur RSUD Asembagus, kini menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo dan sisanya pejabat administrator, pengawas serta Kepala Puskesmas.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengatakan pada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini ada 57 pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo. “Saya berharap dengan adanya pergeseran pejabat tersebut bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Situbondo dalam sambutannya.

Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini menjelaskan, saat ini tuntutan masyarakat semakin bertambah. Di sisi lain, APBD Situbondo hanya sekitar Rp1,8 triliun. Di mana dari jumlah tersebut sekitar Rp1,2 triliun untuk gaji pegawai dan operasional. “Dengan sisa anggaran yang hanya sekitar Rp600 miliar ini tentunya sulit untuk memberikan daya ungkit kepada masyarakat Situbondo. Oleh karena itu, saya berharap pejabat yang baru dilantik untuk membuat inovasi. Khususnya dalam bidang pelayanan publik,” ujarnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Situbondo, namun orang nomor satu di Pemkab Situbondo ini meminta kepada para pejabat yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan tugas pokok dan fungsinya. “Jangan lama-lama menyesuaikan dengan jabatan barunya. Jangan malu-malu untuk belajar ke seniornya, karena kita semua sekarang dituntut bekerja profesional dalam meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Khusus untuk para Camat dan Kepala Puskesmas, sambung Bupati Karna meminta agar mereka bisa mengetahui lebih awal segala peristiwa yang terjadi di kecamatan. “Jangan sampai ada peristiwa di wilayah kecamatan Bupati, Wakil Bupati, DPRD dan Forkopimda tahu lebih awal. Oleh karna itu, saya meminta kepada para camat dan kepala Puskesmas untuk sering-sering turun ke masyarakat,” ujarnya.

Di hadapan para pejabat yang dilantik, Bupati Karna juga meminta agar mensosialisasikan program kerja yang ada di instansinya masing-masing kepada masyarakat dengan masif. “Untuk camat dan Kepada Puskesmas saya minta sosialisasikan program sehat gratis kepada masyarakat. Karena ketika saya turun ke masyarakat, ternyata mereka masih belum banyak yang tau kalau ada program sehat gratis,” tegasnya.

Bupati juga menegaskan bahwa rotasi atau mutasi jabatan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo merupakan hal yang wajar dan harus dilakukan. Sebab, mutasi jabatan bagian dari penyegaran organisasi. “Mutasi atau rotasi jabatan merupakan hal yang wajar. Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik dan diambil sumpahnya agar tetap semangat dalam melaksanakan tugas-tugasnya dan melayani masyarakat setulus hati,” pungkasnya.

Publisher         :Heru Hartanto

Pewarta           :As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button