AsahanDaerah

Cegah Stunting, Dinkes Asahan Gelar Deklarasi Ibu Hamil Indonesia

BeritaNasional.Id – Asahan, Sumatera Utara – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kesehatan menggelar deklarasi Ibu Hamil Indonesia dalam mencegah stunting bertempat di Aula kantor Camat Rawang Panca Arga, Kamis (22/12/2022).

Dalam kegiatan itu terlihat hadir Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Fahrizal Pohan, Camat Rawang Panca Arga Resmanto Tambunan, pengurus Tim Penggerak PKK, Kepala Desa se Kecamatan Rawang Panca Arga, Ibu hamil serta tamu dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu Camat Rawang Panca Arga Resmanto Tambunan menyampaikan stunting memang masih menjadi polemik di setiap daerah. Akan tetapi tidak semua masyarakat paham dan mengerti tentang stunting.

“Oleh karena itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kecamatan Rawang Panca Arga untuk lebih memahami bahaya stunting. Sehingga percepatan penurunan stunting yang diharapkan pemerintah dapat segera terwujud. Sebab permasalahan stunting bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi menjadi tanggung jawab kita semua”, ujar Tambunan.

Selanjutnya Resmanto juga berpesan kepada ibu hamil agar selalu menjaga pola makan dan gizi seimbang supaya kandungannya selalu sehat sehingga proses persalinan berjalan dengan lancar.

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Fahrizal Pohan menyampaikan kesehatan ibu hamil merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan prevalensi balita stunting.

Fahrizal berharap kegiatan tersebut dapat menjadi komitmen bersama khususnya bagi ibu hamil untuk melaksanakan pemeriksaan kehamilan minimal 2 sampai 6 kali dengan melakukan USG. Kemudian mengikuti kelas ibu hamil minimal 4 kali, konsumsi tablet tambah darah setiap hari, memenuhi nutrisi sesuai rekomendasi, memantau peningkatan berat badan dan melakukan persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Kedepan gerakan ibu hamil sehat ini diharapkan tidak hanya berfungsi meningkatkan kualitas kesehatan semata. Namun dapat menambah pengetahuan bagi ibu hamil tersebut agar dapat menjaga kehamilannya, pungkas Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Asahan itu.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button