Daerah

Delapan Parpol Berhasil Lolos Ke Gedung DPRD Bonsowoso, Satu Tereleminasi

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Dari delapan belas Parpol yang bertarung memperebutkan 45 kursi di DPRD Kabupaten Bondowoso, hanya 8 Parpol yang berhasil lolos, sisanya gagal.

Partai Amanat Nasional (PAN) tereleminasi, hanya mendapat 7.473 (1,52%). Posisinya di gedung parlemen digantikan Parpol pendatang baru, Partai Gelora. PKB menambah dua kursi, dari 14 menjadi 16 kursi.

Sedangkan PPP dan Partai Golkar sama-sama menambah 1 kursi dari 6 menjadi 7. Perolehan PDIP turun 1 strip menjadi 5 kursi. Partai Gerindra stagnan berada di angka 4 kursi. Partai Demokrat menambah 1 menjadi 3 kursi.

Kursi PKS turun drastis, dari 5 anggota DPRD menjadi hanya 2. Karena disamping kadernya pindah ke Partai Gelora dan mendapatkan jatah 1 kursi juga di Dapil 5, Drs. Budi Hartono tidak mencalonkan lagi.

Hasil yang ditampilkan KPU itu bukan hasil akhir Pemilu 2024. KPU menyatakan publikasi Form Model C/D Hasil adalah hasil penghitungan suara di TPS untuk memudahkan akses informasi publik.

KPU juga menyatakan penghitungan suara yang dilakukan oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di TPS, rekapitulasi hasil penghitungan suara, dan penetapan hasil Pemilu dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka oleh PPK berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. (Syamsul Arifin/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button