DaerahJawa TimurSitubondo

DP3P2KB Situbondo Gelar Bakti Sosial KB MOW

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Situbondo melaksanakan bakti sosial Kegiatan Keluarga Berencana (KB) Metode Operasi Wanita (MOW), Sabtu (13/07/2024).

Kegiatan KB MOW yang berlangsung di Rumah Sakit Abdoer Rahem (RSAR) Situbondo ini ditangani oleh dokter-dokter spesialis kandung TNI Angkatan Udara.

“Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke-31 dan mendorong kesadaran masyarakat dalam merencanakan masa depan keluarga yang lebih baik, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melaksanakan KB MOW,” jelas Moh. Imam Darmaji Kadis DP3P2KB, melalui Kepala Bidang Keluarga Berencana, Sutomo.

Lebih lanjut, Moh. Imam Darmaji mengatakan, dalam kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan, Dra. Maria Ernawati Kepala Perwakilan Bkkbn Propinsi Jawa Timur dan tamu undangan lainnya.

“Aseptor yang mengikuti MOW sebanyak 130 orang. Ini kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh DP3P2KB Kabupaten Situbondo,” jelas Moh. Imam Darmaji.

Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini, sambung Imam Darmaji, antara lain penyuluh dan kader keluarga berencana, motivator, puskesmas, koramil dan pihak terkait lainnya.

“Metode ini mencegah kehamilan secara permanen. Peserta nantinya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sebagai persiapan untuk dilakukan tindakan MOW,” tutur Imam.

Tak hanya itu yang disampaikan Imam Darmaji, namun dia mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk membantu pemerintah dalam mengendalikan angka kelahiran.

“Dengan MOW, insya Allah pengendalian angka kelahiran bisa tercapai dengan baik. Sebab, MOW bisa mencegah angka kelahiran secara permanen. Sedangakan, aseptor yang mengikuti MOW usia 35 tahun keatas dan telah melahirkan 3 hingga 4 anak,” kata Imam Darmaji. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button