DaerahJawa TimurSitubondo

Dua Nelayan Situbondo Lima Hari Hilang Kontak Ditemukan Selamat Diperairan Sulawesi Selatan

BeritaNasional.ID, SITUBONDO. JAWA TIMUR – Dua orang nelayan yang dilaporkan hilang sejak tanggal 24 Desember 2021 kini telah ditemukan di Pulau Kapoposan Bali Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan dalam keadaan Selamat, Kamis (30/12/2021).

Kronologi kejadian nelayan hilang, pada hari Jumat, 24 Desember 2021 sekira pukul 14.30 wib, nelayan setempat atas nama Taufik (50) warga Muncar, Kabupaten Banyuwangi dan Poniran (50) warga Wonorejo kecamatan Banyuputih, Situbondo berangkat melaut mencari ikan (memancing) diperairan laut Pandean dengan menggunakan perahu pancingan milik pak Masruri jenis Fiber “KENNEDY” warna Biru Telur Asin dan Merah Maroon.

Menurut Poniran Gobir, usai mencari ikan di perairan takat mas pandean, Banyuputih, Situbondo, poniran bersama temannya akan pulang, namun karena cuaca gelap hingga akhirnya terdampar diperairan Sulsel.

“Selama terombang-ambing dilaut, kami hanya makan mie instan sisa bekal untuk dua hari bahkan untuk menghilangkan rasa lapar dan haus kami minum air laut,” ucap Poniran.

Kemudian, lanjut Poniran, saat terombang ambing dilaut kami ditemukan nelayan Sulsel dan diberikan bantuan BBM 5 liter sehingga bisa berlabuh di Pulau Kapoposan Bali, Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan dalam keadaan selamat.

“Saat terombang ambing dilaut, kami bertemu dengan nelayan Sulawesi dan diberi BBM sebanyak 5 liter sehingga kami bisa berlabuh,” sambungnya.

Sebelumnya, Satpolairud Polres Situbondo Bersama Anggota Basarnas, BPBD Situbondo dan Relawan serta masyarakat Situbondo melaksanakan SAR menggunakan perahu karet di sekitar perairan Situbondo, meliputi Perairan Mimbo sampai Perairan Lempuyang, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Informasi dari SAR Surabaya / Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, kedua nelayan berhasil diselamatkan nelayan di Pulau Kapoposan Bali, Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan dalam keadaan selamat, dan saat ini ditampung dirumah Niran, warga setempat.

Personil gabungan yang terlibat dalam pencarian diantaranya Pos Pencarian dan Pertolongan Jember, BPBD Situbondo, Polairud Situbondo, Polsek Banyuputih, Koramil Banyuputih, Masyarakat, BP Bondowoso, Polhut, Tagana, Bagana, WMI Care, Potensi SAR Radio Bali dan SAR MTA Banyuwangi.

Pewarta : Sony Haryono.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button