BondowosoDaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024

FKDM Bondowoso Akan Fokus Pada Tahapan Pemilu 2024

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Salah satu tugas Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah menjaring, menampung, mengkoordinasikan, dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) di Bondowoso.

Oleh karena itu, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pileg DPR RI, DPRD, maupun Pilpres, Pilgub, dan Pilbup yang tinggal 148 hari ini, FKDM akan fokus pada tahapan Pemilu.
Hal itu diungkapkan Ketua FKDM, Edi Wahyudi, SH dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Badan Kesatuan, Kebangsaan, dan Politik Bakesbangpol, Selasa, 19/9 2023.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Bakesbangpol, Ghozal Rawan, STTP membenarkan informasi tersebut. Apalagi, dalam Pileg nanti, para polisi daerah maupun pusat akan turun untuk melakukan kampanye. Kondisi ini rentan terjadi konflik antar pendukung.

“Sebelum terjadi konflik, FKDM harus mendeteksi lebih awal kondisi dilapangan. Sehingga dapat mengantisipasi terjadinya bentrok,” kata Ghozal, sapaannya.
FKDM, lanjutnya, harus memberikan laporan informasi dan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan melalui Bakesbangpol. Untuk menekan serangkaian upaya/tindakan untuk menangkal segala potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini.

Ditambahkan, pada tahapan Pemilu, FKDM sebagai wadah elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat, harus fokus dan proaktif turun ke lapangan untuk menjaga kondusifitas Bondowoso.

KH. Junaidi Mu’thi, salah satu anggota FKDM menyampaikan, disamping upaya dhohir yang sudah kita programkan dan jalankan, ikhtiar dengan berdoa juga harus kita jalankan.

“Jangan lupa kita berdoa untuk kondusipitas Bondowoso menjelang, pada hari H, dan paska Pemilu. Disamping usaha dhohir yang sudah kita jalankan selama ini,” saran Ketua Syuriah PCNU Kabupaten Bondowoso ini

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button