Daerah

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat Komitmen, Melantik Warandoy Menjadi Sekda NTT

BeritaNasional.ID-Kupang NTT,- Sekda Kabupaten Sumba Timur, Warandoy segera dilantik menjabat  Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTT dijadwalkan Rabu 13 Juli 2022 di Aula Utama El Tari Kupang. Domu menggantikan Ir Ben Polo Maing yang pensiun pada 1 Juni 2022.

Pelaksanaan pelantikan akan berlangsung mulai pukul 15.00 Wita, kemudian dilanjutkan dengan resepsi yang akan digelar di Rumah Jabatan Sekda Prov. NTT, jalan  Kartini Kelurahan Kelapa Lima Kota Kupang pada pukul 19.00 Wita.  Saat ini, jabatan Sekretaris Daerah NTT di emban pelaksana tugas, Johanna Lisapaly.

Kepastian penetapan Warandoy sebagai Sekda NTT ini, ditandai dengan keluarnya Surat keputusan Presiden melalui menteri dalam Negeri Nomor:800/102/BKD. 3. 2

“Sekda Sumba Timur Domu Warandoy akan segera dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Di rencanakan Domu Warandoy akan dilantik pada Rabu 13 Juli 2022 di Aula Utama El Tari Kupang”, Jelas Drs. Refafi Gah, SH., M.Pd Anggota DPRD Provinsi NTT dapil Sumba yang dikonfirmasi media ini, (11/07/22).

Refafi mengatakan, Gaya kepemimpinannya Bungtilu telah memperlihatkan keseimbangan Politik dalam pemerintahannya, dan memiliki  komitmen kuat, ketegasan dalam berprinsip, dibalut dengan gaya dinamis yang elegan, sehingga bisa dapat memperlihatkan kepada Masyarakat bahwa Viktor Laiskodat  adalah Gubernur yg berada pada keseimbangan semua  Suku, agama dan Ras .

Gubernur Viktor juga telah mempelihatkan gaya kepemimpinanya yg selalu melihat pada perimbangan 3 Wilayah besar di NTT misalnya,  Gubernur Viktor Laiskodat Mewakili Daratan Timor, Wagub Yoseph Nai Soi Mewakili daratan Flores, dan Sekda Domu Warandoi Mewakili Daratan SUMBA. Hal itu membuatnya tetap  berbeda dengan pemimpin-pemimpin lain di negeri ini. Bahkan ia menjadi inspirator bagi pemimpin yang lain di NTT.

Ia menyebut Gubernur NTT dan Wakil Gubernur NTT adalah dua orang tokoh yg Cukup hebat, karena dalam kepemimpinan mereka berdua selalu menjaga keseimbangan semua suku, agama dan ras. Dan tak pernah memandang musuh itu sebagai Lawan, semua dirangkul untuk menyatukan kekuatan membangun NTT.

Gubernur Viktor Laiskodat adalah Figur pemimpin yang memiliki Komitmen besar membangun NTT. Berkaitan dengan penentuan Sekda yang sebelumnya di usulkan tiga nama ke kementerian dalam Negeri yaitu, Henderina S. Laiskodat, Domu Warandoy dan Cosmas Damianus Lana. Mereka semua adalah putra/ Putri  terbaik daerah kita.

Refafi mengatakan, dengan adanya ruang mewakili daratan Sumba maka lengkaplah sudah perwakilan 3 pulau besar di NTT. Dan  Gubernur akan melantik Warandoy sebagai Sekda NTT. Dengan pelantikan ini, tentu Gubernur telah menjawab kerinduan masyarakat Sumba pada umumnya. Dan apakah kita juga sebagai orang Sumba  memiliki komitmen besar seperti bpk Viktor Laiskodat ? tanya Refafi.

Tentunya, Masyarakat Sumba sangat berterima kasih kepada Gubernur NTT,  karena beliau memiliki Komitmen besar untuk menempatkan Orang Sumba di Eselon Satu.  Agar tetap bergandengan tangan dalam semangat kebersamaan membangun NTT dalam satu detak jantung mereka.

“Semua kita menyadari bahwa telah bekerja keras mengantarkan Viktor Laiskodat dan Yoseph Nai Soi menjadi Gubernur dan wakil gubernur beberapa tahun lalu. Itu tidak terlepas dari peran besar masyarakat Sumba juga yang sampai sekarang mereka bangga atas perjuangan itu  namun  mereka memimpikan adanya  Orang Sumba yang menjadi Sekda Provinsi sudah terjawab”, tambahnya.

Menurut Refafi, dengan di tetapkannya Warandoi Sebagai Sekda Prov. NTT  menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumba Timur dan Sumba pada umumnya, dan tentu Sangat berterima kasih pada Bapak Gubernur Viktor Laiskodat karena beliau menjunjung tinggi rasa kebersamaan membangun NTT dalam satu denyut jantung.

“Orang Sumba selama ini memimpikan Domu Warandoi sebagai Sekda yang dari  Putra Sumba, saat ini terjawablah sudah karena nama Warandoy akan dilantik oleh Gubernur Viktor Laiskodat menjadi Sekda Definitif  pada hari Rabu 13 Juli 2022 jam 15.00 “Kita harapkan Gubernur Viktor dan Wakil Gubernur Yoseph Nai Soi juga tetap berjuang bersama dalam menata keseimbangan Politik di NTT.”, tutupnya. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button