DaerahJawa TimurRagam

Hindari Pungli, BKPSDM Bondowoso Bekerjasama Dengan PT. Pos Indonesia

BONDOWOSO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menjalin kerjasama dengan PT. Pos Indonesia (Persero) Kabupaten Bondowoso, dalam mengantarkan SK kepada ASN Pemkab Bondowoso, Senin (30/1/2023).

Keterangan yang disampaikan Plt Kepala BKPSDM, Dr. Drs. Sugiono Eksantoso, MM menjelaskan bahwa, penyerahan SK ASN Pemkab Bondowoso sekarang yang mengantarkan PT. Pos Indonesia. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pungutan liar yang dilakukan oknum-oknum pengantar SK tersebut.

“Sistem ini kami lakukan untuk menghindari Pungutan Liar (Pungli). Kalau pejabat diatasnya yang mengantarkan SK kepada ASN, maka rentan terjadi Pungli,” jelas Sugiono yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso.

Disamping itu, lanjut Sugiono, kerjasama ini bentuk efektvitas dan efisiensi pelayanan Pemkab Bondowoso terhadap ASN. “Alhamdulillah, dalam lounching kerjasama dengan PT Pos Indonesia yang berlangsung di Aula BKPSDM ini dihadiri oleh Bupati Drs. KH. Salwa Arifin,” ujarnya.

Seluruh dokumen ASN, sambung Sugiono, seperti kenaikan pangkat berkala dan dokumen lainnya, diantar melalui Pos. Jadi ASN yang jaraknya jauh dengan Kantor BKPSDM tinggal menunggu di rumahnya saja. “Tujuannya, untuk menghindari pertemuan langsung antara pejabat BKPSDM dengan ASN penerima SK. Sebab model seperti itu memudahkan terjadi Pungli. Ini merupakan pelayanan terbaik,” ucapnya.

Di tempat yang sama, KH. Salwa Arifin Bupati Bondowoso mengatakan, ongkos sekali mengirim dokumen jauh dekat hanya Rp 14 ribu. “Saya mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Kepala BKPSDM. Sebab inovasi ini merupakan komitmen Pemkab Bondowoso untuk memberikan pelayanan yang maksimal pada ASN sesuai dengan visi dan misi kami,” jelas Kyai Salwa.

Selain itu, Kyai Salwa juga berharap, dengan pelayanan Pemkab yang cepat, akurat, dan murah, maka diharapkan ASN Pemkab Bondowoso juga bisa melakukan hal yang sama. Yaitu memberikan pelayan yang baik pada masyarakat sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Penyerahan SK kepada Pos kali ini berupa SK pensiun bulan April sebanyak 39 orang. SK pensiun bula Mei sebanyak sebanyak 24 orang, dokumen kenaikan gaji berkala periode bulan Mei sebanyak 246 orang,” pungkasnya.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button