DaerahJawa TimurPemerintahanPolitikSitubondo

Ini Penjelasan Ketua DPRD Situbondo Terkait Pengesahan PAPBD 2023

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Rapat Paripurna DPRD Situbondo dalam rangka menyampaikan Nota Pengantar Dokumen Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan APBD Kabupaten Situbondo Tahun 2023 dibacakan Bupati Situbondo, Drs H. Karna Suswandi, Jumat (15/9/2023).

Keterangan yang disampaikan Ketua DPRD Situbondo, Edi Wahyudi mengatakan, pelaksanaan rapat paripurna pembacaan nota pengantar dokumen KUA – PPAS itu, dilaksanaan setelah anggota DPRD menggelar rapat kerja bersama dengan jajaran mitra kerja. Hal tersebut sesuai dengan tahapan yang berlaku dalam penetapan PAPBD Tahun 2023.

“Setiap Komisi-komisi yang ada di DPRD menggelar rapat kerja bersama dengan mitranya masing-masing, kemudian dilanjutkan rapat banggar, setelah itu baru disahkan melalui paripurna persetujuan nota KUA-PPAS ini. Untuk saat tahapannya masih baru masuk pada dokumen pembahasan draf perubahan APBD 2023,” tutur Edy Wahyudi.

Lebih lanjut, Edy Wahyudi menjelaskan, dalam waktu dekat ini anggota DPRD akan segera menindak lanjuti untuk melakukan pembahsan draf PAPBD tahun 2023. Sebab, penyusunan perda perubahan APBD itu waktu yang tersedia sangat pendek. “Sesuai dengan tahapan jadwal yang sudah di tetapkan, paling lambat untuk pembasahan PAPBD sebelum tanggal 30 September 2023 sudah harus di mulai. Saat ini masih tersisa dua minggu untuk menyelesaikan PAPBD 2023,” ujarnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Edy Wahyudi, namun pihaknya sangat optimis bahwa pembahasan PAPBD tersebut bisa segera terselesaikan sebelum akhir bulan September 2023 ini. “Jika nanti seluruh tahapan bisa berjalan lancar, maka tidak perlu membutuhkan waktu lama lagi PAPBD disahkan,” pungkasnya.

Dilain pihak, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dalam anggaran kali ini masih fokus untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur. Hal itu sejalan dengan intruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. “Untuk anggaran APBD Pemkab Situbondo masih terus fokus pada infrastruktur. Ini sesuai dengan tema Pembangunan Indonesia,” tuturrnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button