Bengkulu

Ini Rencana PUPR Provinsi Bengkulu Melakukan Pembangunan di Danau Dendam Tak Sudah

BENGKULU, Beritanasional.id- Pembangunan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) akan dilaksanakan mulai tahun depan. Rencana pembangunan sudah disusun matang, termasuk master plan pembangunan DDTS itu sendiri.

Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi, Tejo Suroso mengatakan pembangunan DDTS sudah melewati tahap Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). Selain itu, tertakit Detail Engineering Design (DED) dalam Pekerjaan Konstruksi DDTS melalui penataan Jogging Track sudah sudah disiapkan.

Sesuai DED, di kawasan DDTS nanti akan dibangun jogging track. Selain itu juga, nantinya bakal dibangun Jalan Layang, dan Pusat Berbelanja, tapi itu bagian Balai Cipta Karya.

 

“Dari ketiga DED tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan konsep wisata berbasis ekonomis,” ujar Tejo, Kamis (24/11/2022).

Tejo mengatakan, dalam DED, komposisi penataan Kawasan DDTS meliputi Jogging Track, Ruang Terbuka Hijau, Ruang Biru, dan Area Bahari. Pada kawasan ini dilengkapi Area Sport, yakni Jogging Track atau area joging, Bike Track atau area bersepeda, Sitting Group, Tramploline Spot.

Lalu ada Area Tenang atau Silent Space di mana ruang ini disediakan tempat menikmati alam, Walking Track, dan Reflexy Fish tempat refleksi.

“Kita sediakan area Bahari yakni ada Fishing Spot atau tempat memancing ikan, Floating Dermaga atau naik kano, naik perahu dan tempat berkemah,” jelasnya.

Berikut rencana pembangunan kawasan DDTS :

– Jogging track DDTS akan dibangun sejauh 2 kilo meter dengan lebar minimal 1.20 meter.

– Dimensi jalur dan jalur jogging akan dibuat bervariasi sesuai dengan pola penggunaan dan harus dibuat aman untuk semua jenis pengguna.

– Sarana pemisah atau kerja sama yang memadai antar kelompok pengguna disarankan.

– Berbagai titik akses pada jalur jogging atau sepeda yang panjang dengan parkir yang dapat diakses dan menyertainya dapat memungkinkan banyak pengguna untuk dapat naik turun jalur dari berbagai wilayah.

– Signane penting dari Jogging Track turut mengakomodasi para penyandang disabilitas.

– Garis tengah dari Jogging Track berwarna cerah dengan fungsi sebagai pemisah dan dapat membantu mempertegas pencahayaan bagi mereka yang memiliki pandangan terbatas. **

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button