ACEHMetro

Jembatan “Abu Nawas” Disirami Rp 30 M APBA untuk Dua Tahap

image_pdf

Beritanasional.id, Banda Aceh – Sebuah gambar Jembatan besi yang belum selesai dikerjakan beredar di media sosial (medsos) face Book.

Jembatan yang menghubung Gampong (desa) Jeumerang dan Pusong Kecamatan Kembang Tanjong, Kabupaten Pidie- Aceh, itu hingga kini masih terbengkalai dan belum dapat digunakan secara optimal oleh masyarakat setempat.

Akun face book atas nama emen itu, memposting foto tersebut sekitar Senin (2/9/19). Selain gambar, pemilik akun juga menyertakan caption (keterangan foto).

“Jembatan Abu Nawas, Jembatan yang menghubungkan Gampong Jeumerang dengan Gampong Pusong yang dibangun TA 2018 melalui dana hibah BNPB tahun 2017, hingga kini belum dapat dilintasi,” tulis emen di akunnya.

Hasil penelusuran media ini, Selasa (3/9/19), diperoleh informasi, bahwa jembatan tersebut mulai dibangun tahun 2012, namun dari sumber yang diperoleh media ini, secara rinci tertulis pembangunan dilaksanakan pada tahun 2016 dengan sumber anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) dengan total biaya segmen I Rp 6.857.654.000.

Sedangkan untuk tahap kedua yang dikerjakan tahun 2017, jumlah APBA yang dikucurkan untuk jembatan tersebut mencapai Rp 23 Milyar.

Jembatan tersebut ditargetkan selesai tahun 2018, namun hingga saat ini jembatan yang menguras APBA hingga hampir Rp 30 milyar itu belum kunjung finising alias belum dapat digunakan oleh masyarakat setempat secara optimal.

Selama ini, masyarakat setempat hanya dapat melintasi jembatan yang memiliki panjang 100 meter itu dengan menggunakan roda dua atau jalan setapat, sebab basmen hulu dari jembatan tersebut belum dibangun dan masih sebatas timbunan tanah semata.

Terkait dengan informasi tersebut, media ini belum memperoleh tanggapan dari pihak terkait, hingga berita ini dipublis.(Alan)

Author: Dahlan Alan

Show More

Related Articles

Back to top button
Close