Kades

Kades Mootayu Resmi Serahkan LKPJ Tahun 2022

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Kepala Desa Mootayu Basir Kasiaradja resmi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Desa tahun 2022 pada Musyawarah Desa Penyampaian LKPJ Kepala Desa Mootayu yang berlangsung di Kantor Desa Mootayu, Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango, Kamis (16/3/2023).

Selanjutnya, LKPJ Kepala Desa Mootayu tersebut diserahkan oleh Kepala Desa kepada Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mootayu, Cilistiyawati Gani, yang kemudian diserahkan kepada Bupati Bone Bolango melalui Camat Bone.

Diketahui, pada saat penyerahan LKPJ tersebut Camat Bone diwakili oleh Kepala Seksi Trantib, Salahudin Sahi.

Kepada BeritaNasional.ID, Kepala Desa Mootayu, Basir Kasiaradja mengungkapkan bahwa penyampaian LKPJ Kepala Desa Mootayu tahun 2022 kepada masyarakat Desa Mootayu melalui BPD Mootayu ini, merupakan kewajiban Kepala Desa Mootayu dalam rangka transparansi pemerintah desa selama tahun 2022.

“LKPJ ini merupakan kewajiban kami selaku Kepala Desa kepada masyarakat sebagai wujud dari transparansi,”kata Basir.

Selain itu, lanjut Basir, bahwa LKPJ juga merupakan bagian dari mekanisme dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan yang berkaitan dengan penyelenggaraan tugas-tugas pokok dan fungsi pemerintahan desa meliputi tugas-tugas umum yaitu bidang penyelenggaraan pemerintahan Desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, pemberdayaan kemasyarakatan desa, serta penanggulangan bencana keadaan darurat dan mendesak.

“Pada dasarnya hasil-hasil yang telah dicapai pemerintah dan masyarakat desa Mootayu selama tahun 2022 merupakan akumulasi dari pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan dari tahun-tahun sebelumnya,”terang Basir.

Kepala Desa dua periode ini juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan program dan kegiatan desa, mekanisme pelaksanaannya menggunakan Rencana Pembangunan Tahunan Desa yang merujuk pada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang dilakukan secara partisipatif, sinergis, koordinatif, transparan, akuntable dan berkelanjutan melalui pemanfaatan potensi, peluang serta melihat kelemahan dan tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan pembangunan Desa.

“Jadi kami senantiasa merujuk pada RPJMDes yang ada. Agar semua bisa terlaksana dengan baik dan memiliki hasil dan manfaat yang besar bagi masyarakat Desa Mootayu,”pungkasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button