Kalimantan Barat

Kanit Binmas Polsek Sekadau Hulu Beri Materi Pelatihan Sadar Hukum di Desa Sungai Sambang

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Kanit Binmas Polsek Sekadau Hulu, Aipda Asyer memberikan materi dalam pelatihan sadar hukum bagi masyarakat, yang digelar oleh Pemdes Sungai Sambang, kecamatan Sekadau Hulu, Rabu (14/6/2023).

Pelatihan sadar hukum bagi masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hukum. Dengan demikian diharapkan tingkat kejahatan dapat dikurangi dan masyarakat dapat hidup dengan lebih tenang dan damai.

Dalam materi yang diberikan, Aipda Asyer menyampaikan bahwa kesadaran hukum bagi masyarakat tidak ditentukan oleh tingkat pendidikan dan keberadaan ekonomi seseorang.

“Kita lihat di pemberitaan nasional maupun di media sosial, banyak kejadian pelanggaran hukum dilakukan oleh beberapa orang yang masuk dalam kategori berpendidikan tinggi dan ekonomi yang mapan,” kata Aipda Asyer diwawancara awak media.

Kondisi ini, ujar Asyer, bahwa kesadaran hukum bukan hanya ditentukan oleh tingkat pendidikan maupun ekonomi saja. Kepatuhan hukum seseorang sangat dipengaruhi oleh keteladanan pimpinan dan lingkungan sekitarnya.

Sebagai contoh situasi Kamtibmas di desa Sungai Sambang yang sampai saat ini dalam kondisi aman dan kondusif. Masyarakat desa Sungai Sambang sangat mematuhi hukum tertulis maupun yang tidak tertulis.

“Mari kita jaga selalu Kamtibmas, jangan menjadi korban ataupun pelaku kejahatan. Oleh karena itu pentingnya kesadaran hukum bagi masyarakat, terutama bagi para pemuda sebagai penerus generasi Bangsa,” imbaunya. (Aji)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button