DaerahJawa Timur

Kembangkan Internet Hingga Desa, Diskominfo Akan Kerjasama Dengan DPMD

BeritaNasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – untuk memprimakan layanan kepada masyarakat di era digitalisasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan mengembangkan layanan internet hingga ke tingkat desa.

Hal itu diungkapkan Kepala Diskominfo, Rawan Ghazal melalui Kepala Bidang (Kabid) Tekhnlogi Informatika, Eka Kusuma Astuti, S.Kom, saat dikonfirmasi BeritaNasional.ID di ruang kerjanya, senin 17/4 2023 siang.

“Kami akan mengembangkan internet hingga ke tingkat desa. Agar masyarakat bisa mendapatkan layanan WiFi. Sekarang era digitilisasi. Jadi seluruh informasi, mayoritas dalam bentuk digital,” jelasnya.

Secara tehnis, lanjutnya, Diskominfo akan bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Karena DPMD merupakan pembina dari seluruh Pemerintah Desa/Kelurahan.

Ditambahkan, agar layanan internet sampai ketingkat Desa, Diskominfo bekerjasama dengan Icon Plus milik PLN, karena jaringan PLN hingga ke desa-desa. Sedangkan back up servernya, Diskominfo menggandeng Biznet.

Sampai saat ini, kata Eka, sapaannya, layanan internet yang dikembangkan oleh Diskominfo, sudah sampai ke Kantor Kecamatan, Puskesmas, dan Pemerintah Kelurahan. Untuk sampai ke tingkat Pemerintah Desa masih dalam proses.

Dalam mengembangkan jaringan internet, Diskominfo menggandeng dua perusahaan. Yaitu Icon Plus milik PLN untuk server utama, sedangkan back up servernya, menggandeng Biznet, perusahaan swasta.

“Diskominfo bekerjasama dengan Biznet, sebagai back up server terhitung sejak 1 April 2023. Dalam kerjasama ini, ada layanan tambahan dari Biznet, berupa WiFi gratis, namun hanya di seputar kota saja,” jelasnya.

Yaitu, lanjut pejabat berkerudung ini, di Paseban 1 dan 2, Radio Mahardhika, FM. Ketiga spot ini berada di alun-alun Ki Ronggo. Kemudian spot keempat di SMPN 1 Bondowoso. Masyarakat gratis mengakses WiFi di tempat-tempat tersebut.

Pewarta : Zainul Muhaimin

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button