BondowosoDaerahJawa TimurPemerintahan

Ketua DPRD Dukung Instruksi Pj Bupati Camat Tempati Rumdis

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Instruksi Pj Bupati Drs. H. Bambang Soekwanto, MM, agar seluruh Camat menempati Rumah Dinas (Rumdin) mendapat dukungan dari Ketua DPRD H. Ahmad Dhafir, SH.

Dhafir, sapaan Ketua DPRD mengatakan, pihaknya mendukung instruksi tersebut agar pelayanan terhadap masyarakat lebih maksimal. Sebagai Camat harus bersedia melayani masyarakat selama 24 jam.

“Apalagi ada kasus Rumdin Camat dirusak oleh orang tidak dikenal. Salah satu penyebabnya, karena Camat tidak menempati Rumdin. Mereka hanya menempatinya saat berdinas saja,” kata Dhafir (Rabu, 3/1/2024)

Ketua PKB ini mengingtatkan, kejadian tersebut tidak ada kaitannya dengan politik dan jangan dikaitkan dengan masalah politik. Karena kalau dikait-kaitkan dengan masalah politik bisa mengganggu tahapan pesta demokrasi.

Pemilu (Pileg, Pilpres, dan Pilkada) , lanjutnya, merupakan kegiatan nasional. Kebakaran yang menimpa Rumdin Camat berskala lokal. Oleh karena itu, kasus kebakaran tersebut jangan dijadikan issue nasional, sangat rugi sekali.

Ditambahkan, apalagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah memberikan keterangan, bahwa Sekretariat PPK bukan di Rumdin Camat, tapi di sebagian ruangan Kantor Kecamatan yang tidak ditempati.

Rumdin dibuat oleh Pemerintah untuk ditempati, bukan hanya sebagai transit saja. Tujuannya agar pelayanan terhadap masyarakat lebih maksimal. Mereka dilantik menjadi pejabat, harus sudah siap melayani masyarakat 24 jam.

“Jadi tidak salah, kalau Pj Bupati menginstruksikan kepada seluruh pejabat yang disediakan Rumdis harus ditempati. Dan sudah sewajarnya staf tunduk patuh pada pimpinan selama perintanya tidak melanggar perauran perundang-undangan yang berlaku,” kata Dhafir.

Berdeda, lanjutnya, dengan Ketua DPRD terhadap anggotanya. Sifatnya koordinatif, bukan instruktif seperti Kepala Daerah (Pj Bupati, red). Apalagi sekarang sudah memasuki tahapan Pemilu yang membutuhkan kehadiran Camat setiap saat jika ada masalah yang terkait dengan kepemiluan.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button