BondowosoDaerahJawa Timur

Komsos, Strategi TNI Menjaga Teritorial Bondowoso

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Dalam menjaga keamanan teritorial, banyak cara yang dilakukan oleh Babinsa. Salah satu diantaranya melakukan Komsos dengan masyarakat.

Komsos banyak manfaatnya. Disamping mendapat dukungan dari masyarakat dalam menjalankan tugasnya, TNI juga bisa bersilaturrahmi dengan warga binaannya. Sehingga Kemanunggalan TNI dengan Rakyat bisa terwujud.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0822/02 Curahdami, Serma Darwan yang membantu sopir truk menurunkan pasir yang akan digunakan dalam program RTLH (Rumah Tinggal Layak Huni) di Desa Poncogati Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso, Minggu (18/06/2023).

“Sebagai petugas yang bertanggung jawab menjaga teritorial, maka sudah merupakan keharusan untuk selalu dekat dengan masyarakat. Dari masyarakat kita mengetahui yang terjadi dilingkungan sekitarnya,” kata Darwan.

Komsos, lanjutnya, merupakan strategi simbiosis mutualisme. Kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. TNI dalam hal ini Babinsa diuntungkan, demikian juga masyarakat, juga diuntungkan.

Ditambahkan, keuntungan yang didapat TNI, dengan cepat mendapat informasi dari masyarakat, sehingga dengan cepat pula masalah ditangani. Masyarakat beruntung karena setiap ada bahaya, TNI dengan cepat mengatasinya.

Babinsa yang bertugas di Desa Ponco Gati Kecamatan Curah Dami ini berbaur dengan sopit truck. Kelihatannya memang sepele, tapi begitulah cara TNI mengakses informas dilingkungan sopir bekerja.

“Tugas seperti ini sudah menjadi biasa bagi kami sebagai seorang Babinsa. Untuk selalu peduli terhadap warga dan berusaha semaksimal mungkin membantunya, meski hanya bantuan tenaga, sambil mengakses informasi,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button