AdvedtorialPolitik

KPU Provinsi Gorontalo Gelar Rapat Evaluasi Indeks Partisipasi Pemilu

BeritaNasional.ID, GORONTALO — KPU Provinsi Gorontalo mengadakan Rapat Evaluasi Indeks Partisipasi Pemilu di UTC Damhill Kota Gorontalo, Sabtu (15/6/2024). Kegiatan ini dibuka oleh Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Opan Hamsah. Turut hadir dalam kegiatan ini, Anggota KPU Provinsi Gorontalo lainnya, Risan Pakaya.

Rapat yang bertujuan untuk mengevaluasi tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu ini, menghadirkan dua pemateri utama. Pemateri pertama adalah M. Adnan Maghribbi (peneliti dari Sindikasi Pemilu dan Demokrasi) yang memberikan paparan mengenai hasil penelitian terkait partisipasi pemilih di berbagai daerah. Pemateri kedua adalah Denny Siallagan Saputra (Tenaga Ahli Setjen KPU RI) yang memberikan wawasan tentang strategi peningkatan partisipasi pemilih berdasarkan pengalaman dan kebijakan nasional.

Peserta rapat ini terdiri dari Anggota KPU Kabupaten/Kota yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM. Selain itu, turut hadir Kepala Sub Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, serta Admin/Operator Sistem Informasi Partisipasi Masyarakat (SIPARMAS).

Dalam sambutannya, Opan Hamsah menekankan pentingnya evaluasi ini untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu di masa mendatang.

“Evaluasi ini adalah langkah penting untuk memahami kendala dan tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Dengan data dan analisis yang tepat, kita dapat merumuskan strategi yang lebih efektif,” ujarnya.

Sementara itu, Risan Pakaya mengapresiasi kehadiran dan partisipasi aktif dari seluruh peserta rapat.

“Partisipasi aktif dari rekan-rekan di KPU Kabupaten/Kota sangat berarti untuk keberhasilan evaluasi ini. Kami berharap dapat menghasilkan rekomendasi yang konkret untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Provinsi Gorontalo,” kata Risan Pakaya.

Rapat evaluasi ini diharapkan dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi yang akan menjadi acuan bagi KPU Provinsi Gorontalo dalam menyusun program kerja selanjutnya, guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu mendatang.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button